Jakarta (ANTARA) - Perusahaan rintisan aplikasi investasi multi-aset inovatif di Indonesia Pluang, siap menambahkan pilihan investasi reksa dana dalam platform mengingat tingginya antusiasme investor terhadap produk reksa dana

Head of Corporate Communications Pluang Kartika Dewi dalam pernyataan di Jakarta, Sabtu, mengatakan investasi reksa dana, khususnya reksa dana saham, menjadi potensial seiring dengan membaiknya perekonomian usai pelonggaran PPKM dan faktor kampanye tahun politik jelang 2024.

"Momen-momen kunci ini dapat menjadi katalis dalam mendukung rally saham di sektor-sektor berkapitalisasi besar pada semester II-2023 dan memicu pertumbuhan reksa dana saham menjadi lebih agresif," katanya.

Baca juga: Tekfin Adapundi catatkan pertumbuhan pada 2022

Oleh karena itu, Pluang telah meluncurkan 15 produk reksadana baru pada 2013, bekerja sama dengan beberapa manajer investasi ternama seperti Sucorinvest, Eastspring, Batavia dan lainnya.

"Lewat lebih dari 15 produk reksa dana terbaru yang kami tawarkan, Pluang menyiapkan pilihan aset investasi berdasarkan performa reksa dana tersebut, meliputi market capitalization, return, pertumbuhan aset dan dana kelolaan," katanya.

Selain itu, Pluang juga memfasilitasi inisiatif investor ritel berkontribusi meningkatkan sektor publik lewat UOB Membangun Negeri (UDARi) yang berfokus pada Obligasi Pemerintah dan Obligasi Korporasi BUMN.

"UDARi juga merupakan produk investasi reksa dana yang berkontribusi pada pembangunan nasional. Harapannya para pengguna Pluang bisa memiliki pilihan produk investasi berkualitas sekaligus turut serta membangun pertumbuhan ekonomi," katanya.

Data terkini KSEI pada akhir tahun 2022 menunjukkan bahwa jumlah investor reksa dana, aset investasi dengan risiko yang relatif rendah, meningkat lebih dari 40 persen dalam setahun terakhir.

Dari jumlah investor reksa dana pada 2022 sebanyak 9,59 juta, lebih dari sebesar 80 persen proporsi investor tersebut berasal dari industri fintech.

Baca juga: Shopee gandeng Bibit hadirkan fitur investasi reksa dana

Baca juga: KSEI: Jumlah investor reksa dana tembus 9 juta

Baca juga: Aplikasi reksa dana SayaKaya catat dana kelolaan Rp600 miliar

Pewarta: Satyagraha
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023