Jakarta (ANTARA) - Persis Solo ditahan imbang dengan skor 1-1 oleh tamunya Persikabo 1973, pada pertandingan Liga 1 yang dimainkan di Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Senin malam.

Laskar Pajajaran memetik keunggulan terlebih dahulu melalui gol pemain asingnya Pedro Henrique pada menit ketujuh. Persis baru mampu menyamakan kedudukan pada babak kedua, tepatnya menit ke-54, berkat gol Ryo Matsumura, demikian catatan Liga Indonesia.

Hasil ini tidak mengubah posisi kedua tim di klasemen sementara Liga 1. Persis tetap berada di posisi ke-12 dengan 24 poin dari 20 pertandingan, sedangkan Persikabo menghuni posisi ke-11 dengan 24 poin dari 19 pertandingan.

Baca juga: Samsul Arif bawa Persis taklukkan Persija 1-0

Berstatus tim tamu, Persikabo menggebrak sejak awal. Saat laga baru berusia tujuh menit, mereka sudah memecah kebuntuan. Diawali sundulan Silvio Junior di dalam kotak penalti yang memanfaatkan umpan Ryan Kurnia, bola kemudian dengan cepat ditanduk oleh Pedro Henrique.

Masalah belum selesai bagi Laskar Sambernyawa. Mereka harus kehilangan bek tengah Fabiano Beltrame yang mengalami cedera, untuk digantikan Sutanto Tan pada menit ke-17. Sedangkan di kubu Persikabo, Ryan Kurnia yang cedera harus digantikan Dede Komarudin pada menit ke-29.

Persis mencoba meningkatkan tempo serangan untuk dapat mencetak gol balasan. Peluang bagus didapat Alexis Messidoro yang menanduk bola menyambut umpan silang Syamsul Arif, namun bola masih menyamping.

Di sisi lain, Persikabo pun menebar ancaman melalui sepakan Lucky Oktavianto, yang masih dapat ditepis kiper Muhammad Riyandi. Babak pertama ditutup dengan keunggulan 1-0 untuk Persikabo.

Baca juga: Persis bertekad raih tiga poin saat jamu Persija di putaran kedua

Tuan rumah kembali melancarkan serangan pada awal babak kedua. Peluang bagus didapat pemain asing asal Jepang Ryo pada menit ke-52, sayang tembakannya masih mengarah lurus ke kiper Persikabo Syahrul Fadillah.

Persis baru mampu menyamakan kedudukan semenit kemudian, berkat kerja sama apik tiga pemainnya. Messidoro yang berada di depan kotak penalti Persikabo mengirim bola ke sisi kanan yang diteruskan Alfath Fathier ke depan mulut gawang, untuk langsung disambar oleh Ryo.

Pada fase akhir pertandingan, Persikabo lebih banyak memiliki peluang bagus untuk meraih kembali keunggulan. Pertama dari sepakan Juninho Silvio memanfaatkan operan Roni Sugeng yang belum tepat sasaran, kemudian dari penempatan melambung Yandi Sofyan saat kiper Riyandi sudah meninggalkan gawangnya.

Daftar susunan pemain:

Persis Solo: Muhammad Riyandi, Gavin Kwan, Jaimerson, Fabiano Beltrame (Sutanto Tan 17'), Abduh Lestaluhu, Alfath Fathier (Althaf Alrizky 70'), Alexis Messidoro, Mohammad Helmiawan, Samsul Arif (Ferdinand Sinaga 70'), Fernando Rodriguez, Ryo Matsumura

Persikabo: Syahrul Fadillah, Andy Setyo, Lucao, Didik Wahyu (Gilang Ginarsa 77'), Ryan Kurnia (Dede Komarudin 29'), Roni Sugeng (Yandi Sofyan Munawar 77'), Tegar Infantrie, Bruno Dybal, Lucky Oktavianto (Muhammad Kemaluddin 77'), Pedro Henrique, Juninho Silvio

Baca juga: Djanur kecewa Persikabo 1973 masih belum bisa catatkan kemenangan

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023