Tentunya juga peningkatan 'image' Indonesia sebagai negara yang bisa menjadi host turnamen-turnamen skala internasional
Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo berharap sejumlah ajang olahraga internasional yang akan digelar Indonesia tahun ini dapat menarik wisatawan dan menggerakkan ekonomi lokal atau menjadi sport tourism.

Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu.

“Arahannya (arahan Presiden) bahwa ada empat kegiatan besar. Akhir Februari ini ada F1 Powerboat, tentunya sudah dipersiapkan, dan mudah-mudahan lancar dan akan menarik 25 ribu wisatawan, menggerakkan ekonomi setempat di Danau Toba,” ujar Sandiaga.

Selanjutnya, kata Sandi, ada perhelatan FIFA World Cup U-20 yang juga akan dipersiapkan, sehingga Indonesia selain bisa mendapatkan peningkatan prestasi, namun juga memperoleh dampak dari sisi ekonomi.

Baca juga: Pariwisata Danau Toba menggeliat sambut gelaran F1 Powerboat 2023

Baca juga: Sport tourism dongkrak potensi ekonomi wisata Kota Batu


"Tentunya juga peningkatan image Indonesia sebagai negara yang bisa menjadi host turnamen-turnamen skala internasional," ucap Sandi.

Selain itu, kata dia, juga akan ada FIBA World Cup yang diikuti 8 negara di lapangan indoor multisports arena yang baru saja dibangun, serta ANOC World Beach Games di Bali pada Agustus 2023 yang akan mengundang 205 negara.

"Jadi kegiatan-kegiatan ini berdampak langsung pada lama tinggal wisatawan dan juga dampak ekonomi pada ekonomi Bali dan setempat. Ini yang kita harapkan bisa mempercepat pemulihan khususnya di sektor pariwisata," ujarnya.

Baca juga: PB ESI: Kejuaraan Dunia Esports bantu pulihkan "sport tourism" Bali

Istilah sport tourism sendiri merupakan ajang olahraga yang dikombinasikan sekaligus memperkenalkan atau promosi wisata di suatu negara atau daerah. Contohnya adalah perhelatan Moto GP Mandalika beberapa waktu lalu yang mampu mendorong pertumbuhan sektor pariwisata di Nusa Tenggara Barat dan sekitarnya.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023