Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Ajang sport tourism bersepeda bertajuk Go Wisata Jatim Bangkit yang digelar di Kota Batu, Jawa Timur, dinilai mampu mendongkrak potensi ekonomi wisata yang ada di wilayah tersebut dan juga wilayah sekitar.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono di Kota Batu, Jawa Timur, Minggu mengatakan bahwa Go Wisata Jatim Bangkit tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan dan memajukan sektor pariwisata di Jawa Timur melalui pengenalan dan pengembangan sport tourism di Kota Batu.

“Sport tourism merupakan gerbang promosi cerdas sebagai upaya meningkatkan devisa dari sektor pariwisata,” kata Adhy.

Adhy menjelaskan, melalui kegiatan Go Wisata tersebut, diharapkan mampu memperkenalkan sekaligus mempromosikan daerah tujuan wisata di Jawa Timur, utamanya yang ada Kota Batu dari sisi aktivitas pariwisata olahraga kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), asosiasi pariwisata dan masyarakat.

"Kita coba memulai start go wisata dan melalui kegiatan ini, kita coba memperkenalkan bahwa sport tourism di Jawa Timur itu tidak hanya Bromo marathon saja. Namun, masih ada banyak program yang akan dibuat oleh teman-teman semua untuk bisa menarik wisatawan," ungkapnya.

Ia menambahkan, melalui kegiatan olahraga berbasis pengembangan wisata terbukti mempengaruhi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan jumlah wisatawan mancanegara dan wisatawan Nusantara di Jatim yang terus mengalami peningkatan sepanjang tahun 2022.

Berdasarkan data Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, PDRB pada triwulan I 2022 atas dasar harga berlaku sektor pariwisata tercatat Rp36.986,76 miliar, meningkat menjadi Rp38.243,41 miliar pada triwulan II dan pada triwulan III menjadi Rp39.408,48 miliar.

Sementara untuk jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Jawa Timur, tercatat, pada triwulan pertama tahun 2022 sejumlah 1.139 orang, triwulan kedua sejumlah 1.735 orang, dan triwulan ketiga meningkat menjadi 3.193 orang.

Sedangkan wisatawan nusantara pada triwulan pertama tercatat sebanyak 1.148.687 orang, pada triwulan kedua sebanyak 1.556.274 orang dan triwulan ketiga sebanyak 1.663.397 orang.

“Sektor pariwisata Jawa Timur membawa kontribusi sangat besar, akan lebih maju lagi dan tentunya pertumbuhan ekonomi akan semakin baik, kondisi real di lapangan baik dan masyarakat semakin sejahtera," katanya.

Baca juga: KWB Auto Rally 2022 dongkrak promosi wisata Kota Batu Jatim
Baca juga: KWB Auto Rally 2022 perkenalkan potensi wisata pedesaan Kota Batu
Baca juga: Selecta Kota Batu targetkan 600 ribu kunjungan wisatawan pada 2022

 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022