Koordinasi dan komunikasi jadi hal penting untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan wisatawan yang berkegiatan di Kota Wisata Batu
Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai memastikan wilayah Kota Batu, Jawa Timur siap menyambut kedatangan para wisatawan pada masa libur Lebaran 2024.

Aries, di Kota Batu, Sabtu mengatakan bahwa untuk menyambut kedatangan wisatawan tersebut, langkah koordinasi dan komunikasi menjadi hal yang penting dalam upaya memberikan pelayanan terbagi bagi masyarakat dan wisatawan.

"Koordinasi dan komunikasi jadi hal penting untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan wisatawan yang berkegiatan di Kota Wisata Batu," kata Aries.

Aries menjelaskan koordinasi dan komunikasi dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan tersebut bertujuan agar para pengunjung itu bisa merasa aman dan nyaman saat berkunjung ke Kota Batu.

Menurutnya, dalam upaya untuk menjaga ketertiban lalu lintas dan antisipasi meningkatnya pedagang kaki lima (PKL) tersebut, Dinas Perhubungan Kota Batu dan Satuan Polisi Pamong Praja wajib menjalankan tugas dengan baik.

"Banyak tamu yang akan berwisata dan menikmati liburan di Kota Wisata Batu. Tentunya kita harus menyambut dan menyiapkan sebaik mungkin, baik lalu lintas maupun kenyamanan, termasuk antisipasi PKL yang datang dari luar Kota Batu," katanya.

Wilayah Kota Batu merupakan salah satu destinasi tujuan wisata di wilayah Jawa Timur pada masa libur Lebaran 2024. Pada 2024, ditargetkan jumlah kunjungan wisatawan di wilayah tersebut mencapai 12 juta kunjungan.

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur menyatakan, diperkirakan ada kurang lebih sebanyak 34 juta masyarakat yang akan melaksanakan mudik Lebaran dan menuju wilayah Jawa Timur. Selain itu, diperkirakan ada 31 juta masyarakat yang melakukan mudik antar kabupaten kota.

Kementerian Perhubungan menyatakan terdapat tren kenaikan perjalanan mudik pada musim Lebaran 2024 sebesar 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia yang sebanyak 193 juta orang dibandingkan periode yang sama pada 2023.

Baca juga: PT TWC-Pemkot Batu kembangkan pariwisata dan ekraf di destinasi wisata
Baca juga: Sport tourism mengangkat potensi pariwisata Kota Batu
Baca juga: Kunjungan wisatawan Jatim Park Group Kota Batu capai 30 ribu orang

 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024