Sport tourism harus kita laksanakan secara rutin. Terutama olahraga yang sesuai kondisi geografis Kota Batu.
Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Batu menyatakan penyelenggaraan sport tourism atau wisata olahraga dinilai mampu untuk mengangkat potensi wisata Kota Batu, di Jawa Timur saat ini terus berkembang.

Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai dalam keterangan yang diterima di Kota Batu, Senin, mengatakan bahwa dengan semakin banyak kejuaraan olahraga tingkat nasional dan internasional di Kota Batu, akan mengangkat potensi wisata wilayah tersebut.

"Kita berharap akan semakin banyak kejuaraan nasional dan internasional digelar di sini, yang akan memperkuat dan mengangkat potensi pariwisata dan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat," kata Aries.

Aries menjelaskan, dengan banyaknya kejuaraan olahraga tingkat nasional maupun internasional yang digelar di Kota Batu, dinilai juga mampu meningkatkan pergerakan perekonomian masyarakat, khususnya sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Dengan potensi tersebut, ujarnya pula, Pemkot Batu terbuka untuk berbagai ajang sport tourism baik untuk tingkat nasional maupun internasional. Ajang tersebut, tentunya juga harus disesuaikan dengan kondisi geografis Kota Batu.

"Sport tourism harus kita laksanakan secara rutin. Terutama olahraga yang sesuai dengan kondisi geografis Kota Batu. Kita ingin mengembangkan sport tourism karena kita kota wisata," katanya lagi.

Ia berharap, Kota Batu ke depan mampu memiliki sarana dan prasarana olahraga dengan taraf internasional, yang pada akhirnya mampu menarik perhatian berbagai cabang olahraga untuk menggelar kejuaraan di wilayah tersebut.

"Dengan banyaknya atlet dan peserta yang hadir, akan mendukung sektor pariwisata dan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Di wilayah Kota Batu, ada sejumlah ajang olahraga yang digelar secara rutin dan mampu menarik kunjungan wisatawan, seperti paralayang, motocross, downhill, KWB Adventure Trail, dan fun bike atau sepeda santai.

Pada pekan lalu, digelar Paolo Run Fest 2023 yang diikuti 933 peserta dan juga Push Bike Fun Race 2023 yang diikuti 283 peserta dari seluruh Indonesia. Dua kegiatan olahraga tersebut, dinilai mampu meningkatkan potensi pariwisata Kota Batu.
Baca juga: Ratusan ribu kendaraan tercatat menuju Kota Batu saat libur Lebaran
Baca juga: Gubernur: Wisata petik jeruk jadi magnet baru wisatawan ke Kota Batu


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023