Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyerahkan 100 unit sepeda motor untuk mendukung tugas operasional Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI AD di wilayah Kodam IV/Diponegoro, Semarang, Rabu.

Dia mengungkapkan bahwa langkah pertama yang dilakukannya dalam rangka memperkuat komando teritorial adalah melengkapi kendaraan motor yang baru untuk semua prajurit Babinsa di Indonesia.

"Ini saya kejar terus pabrik-pabriknya, supaya secepatnya bisa kita bagikan ke seluruh Komando Rayon Militer (Koramil)," kata Prabowo dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan semua Komandan Distrik Militer (Dandim) dan Komandan Rayon Militer (Danramil) juga akan dilengkapi dengan kendaraan umum jenis jip. Menurut dia, kendaraan taktis itu adalah produksi PT Pindad.

"Ini buatan anak Indonesia. Diberi nama 'Maung' oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 'Maung' harimau," ujarnya.

Tidak hanya itu menurut Prabowo, langkah lainnya untuk memperkuat Komando Teritorial yaitu berupaya memenuhi hak untuk semua prajurit Babinsa di Indonesia melalui dukungan tambahan tunjangan.

Dia menjelaskan dukungan itu seperti tunjangan operasi, namun tergantung jenis Kodim, misalnya yang berada di sejumlah daerah rawan dengan kondisi yang berat.

Khususnya penambahan dukungan tunjangan diupayakan untuk prajurit Babinsa di Kodim yang berada di sejumlah daerah rawan dengan kondisi yang berat. Tentunya akan ada penambahan dan perubahan, jadi tidak akan seragam," katanya.

Prabowo juga menyampaikan terima kasih kepada para prajurit Babinsa atas semangat dan dedikasi mereka sebagai "ujung tombak" pertahanan negara. Dia meminta agar para Babinsa harus mampu mengenal dan merebut hati rakyat.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023