Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Malaysia Datuk Seri Mohamed Khaled Nordin sepakat stabilitas di kawasan menjadi perhatian dan prioritas dua negara.

Sikap itu ditunjukkan Prabowo dan Mohamed Khaled saat keduanya bertemu untuk pertama kalinya di Kantor Kementerian Pertahanan Malaysia, Kuala Lumpur, Kamis.

“Semasa pertemuan tersebut, pelbagai perkara berkenaan keselamatan dan keamanan telah dibincangkan. Namun paling utama, kedua-dua kami kami bersetuju bahawa Malaysia dan Indonesia akan kekal komited dalam memperkukuh kestabilan rantau ini,” kata Khaled mengungkap isi pertemuannya dengan Prabowo dalam unggahan berbahasa Melayu di akun X resminya @KhaledNordin.

Baca juga: Prabowo dan PM Anwar Ibrahim sepakat RI-Malaysia perlu terus diperkuat

Dalam unggahannya itu, Khaled menjelaskan dia dan Prabowo sama-sama berkomitmen untuk menjaga kawasan dan memelihara stabilitas dan keamanan di kawasan.

Dalam pertemuan yang sama, Khaled juga mengucapkan selamat secara langsung kepada Prabowo atas kemenangannya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dia menyebut banyak warga Malaysia juga mengikuti tahapan dan hasil pilpres di Indonesia.

Terkait itu, dia meyakini kepemimpinan Prabowo kelak dapat mengokohkan kerja sama Indonesia dan Malaysia yang telah lama terjalin.

“Saya menaruh harapan pada kepresidenan beliau (Prabowo, red.), dan saya yakin bahwa sosok hebat ini mampu membawa hubungan antara dua negara ke tahap yang lebih tinggi. Lebih-lebih lagi, Malaysia tidak asing buat Pak Prabowo yang pernah bersekolah di sini,” kata Khaled.

Dia pun mengungkap harapannya semoga hubungan Indonesia dan Malaysia terus kuat, begitu juga dengan kawasan yaitu Asia Tenggara, yang semakin makmur, stabil, dan aman.

Prabowo, dalam pertemuan itu, juga menyatakan sikap yang sama dengan Khaled. Dia menegaskan komitmennya untuk memelihara kerja sama pertahanan dan hubungan bilateral yang harmonis antara Indonesia dan Malaysia.

Kunjungan Prabowo di Kantor Kementerian Pertahanan Malaysia, Kamis, merupakan agenda terakhir lawatan Prabowo di Malaysia. Dalam pertemuan itu, Prabowo didampingi oleh Wakil Ketua Komisi I DPR RI Sugiono, Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI Mayjen TNI Yudi Abrimantyo, dan Kepala Badan Sarana Pertahanan (Kabaranahan) Kementerian Pertahanan RI Marsekal Muda TNI Yusuf Jauhari.

Dalam pertemuan itu, saat Prabowo mengisi buku tamu, dia sempat berkelakar. “8 selalu menjadi angka keberuntungan saya. Ini 4+4 sama dengan 8, dan 2+2+4 juga 8, double eight, ini hari baik,” kata Prabowo menghitung jumlah tanggal hari ini.

Selepas itu, keduanya lanjut bertukar cenderamata, yaitu plakat dengan logo kementerian pertahanan masing-masing negara.

Usai pertemuan dengan Menhan Malaysia, Prabowo dijadwalkan kembali ke Jakarta, Kamis, dan langsung memimpin beberapa rapat di Kantor Kementerian Pertahanan RI.

Baca juga: Prabowo lanjutkan lawatan ke Malaysia setelah China dan Jepang
Baca juga: Prabowo dan Menhan Jepang bahas pertukaran kadet dan Indo-Pasifik

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024