Tanjungpinang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kepulauan Riau (BPBD Kepri) mencatat puluhan kawasan di Kota Tanjungpinang terendam banjir rob.

Kepala BPBD Kepri Muhammad Hasbi di Tanjungpinang, Kamis, menyatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir yang terjadi di ibu kota Kepri tersebut.

"Rata-rata warga yang terdampak banjir rob tersebut mengalami kerugian harta benda," katanya.

Hasbi mengingatkan warga tetap mewaspadai banjir susulan yang potensial terjadi saat air laut pasang tinggi.

Baca juga: BMKG prediksi banjir rob melanda Tanjungpinang hingga 29 Januari 2023

Baca juga: Ratusan rumah di kawasan Kota Lama Tanjungpinang terendam banjir rob


Banjir membawa sampah dan lumpur ke dalam rumah. Bahkan sampai saat ini, kata dia, masih banyak warga yang terdampak banjir rob tersebut membersihkan rumahnya.

"Banjir rob yang terjadi sehari yang lalu itu tidak hanya masuk ke ribuan rumah warga, melainkan juga memutus sejumlah jalan penghubung," kata Hasbi.

Berdasarkan laporan dari tim BPBD Kepri, kawasan yang terendam banjir rob di Kecamatan Bukit Bestari yakni Gang Gatra, Jalan Pemuda, Jalan Salam, Jalan Damai, Jalan Seijang Laut, Kampung Kolam, Jalan Sungai Serai, Jalan Taman Sari, Jalam Menur Pesisir, Jalan Tempinis, Jalan Tempinis 1, Jalan Tempinis 3.

Lalu, Jalan Tempinis 4, Jalan Kosgoro, Jalan Basuki Rahmat, Batu 5 Bawah, Gang Sukaberenang, Gang Akasia, Jalan Haji Ungar, Jalan Pesisir Pramu, Jalan Dompak Lama, Jalan Tanjung Ayun, Jalan Tanjung, dan Jalan Dapur Arang.

Sementara kawasan yang terendam air di Kecamatan Tanjungpinang Barat yakni
Jalan Sultan Syahrir, Gang Nipah, Jalan
Sulaiman Abdulah, Jalan Usman Harun, Jalan Bhayangkara, Jalan Potong Lembu, Jalan Teladan, Jalan Mawar, Jalan Cempedak, Jalan Pantai Impian, Jalan Pantai Indah Bawah dan Jalan Perikanan.

Kawasan yang terendam air di Kecamatan Tanjungpinang Kota yakni Jalan Pelantar 2
Lorong Gambir 1, Pelantar KUD, Pelantar Agogo, Jalan Tanjung Lanjut, sebagian kawasan di Pulau Penyengat.

Kecamatan Tanjungpinang Timur yang terendam air berada di Kelurahan Melayu Kota Piring, Gang Simpati, Kampung Melayu, Gang Bangun Sari Kijang Lama, Kijang Lama, Jalan Puskesmas, Jalan Harmoko, Gang Putri Riau 5 dan 6, Gang Putri Bintan, Jalan Rawasari, Perum Intan Sari, Kampung Bulang, Kampung Bulang Laut dan Jalan Argo Mulyo.

Banjir rob juga menyebabkan erosi di Perumahan Citra Pelita Blog H, Kecamatan Tanjungpinang Timur. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

"Sampai tadi siang petugas masih membersihkan jalan di perumahan yang terdampak erosi tersebut," ujarnya.*

Baca juga: BMKG ingatkan potensi kenaikan permukaan air laut di Pulau Bintan

Baca juga: BMKG Batam terbitkan peringatan dini banjir rob di sekitar Kepri

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023