Terminal Petikemas Makassar New Port ini bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) dan KSP menjalankan tugas mengawal proyek-proyek strategis,
Makassar (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko optimistis pembangunan Makassar New Port (MNP) di Sulawesi Selatan bisa dirampungkan pada pertengahan tahun in dan diresmikan pada Juli 2023.

"Terminal Petikemas Makassar New Port ini bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) dan KSP menjalankan tugas mengawal proyek-proyek strategis," ujarnya saat melihat progres pembangunan di Makassar, Kamis.

Moeldoko mengatakan dirinya diperintahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo untuk memantau progres pembangunan seluruh PSN.

Baca juga: Menko Airlangga sebut pembangunan MRT East-West akan diakselerasi

Dia menyebutkan hasil pemetaan dan penelitiannya, ada 56 PSN di Indonesia yang saat ini dalam proses pembangunan dan dua di antaranya ada di Sulawesi Selatan seperti Makassar New Port dan Pembangunan Rel Kereta Api.

Di Terminal Petikemas Makassar New Port, Moeldoko  mendapatkan penjelasan mengenai detil pembangunan dari pelaksana proyek.

Berdasarkan penjelasan yang diterimanya, untuk proyek MNP saat ini proses pembangunannya sudah capai 93,86 persen.

"Saya tadi sudah berkeliling melihat dan progres pembangunannya juga sudah 93,86 persen. Kami optimistis, proyek ini akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo sesuai dengan jadwal di bulan Juli," katanya.

Baca juga: KSP harap kerja sama RI-Australia ciptakan stabilitas kawasan

Proyek MNP tersebut yang sedang dalam pengerjaan meliputi pembangunan tahap IA yang punya kapasitas 500.000 TEUs dan telah beroperasi.

Kemudian pembangunan lanjutan untuk tahap 1B, 1C dan 1D yang sudah mencapai 93,86 persen. Keseluruhan untuk proyek 1A, 1B, 1C dan 1D itu memiliki kapasitas 2,5 juta TEUs.
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023