Jakarta (ANTARA) - ​​​​Sekitar 160 orang telah mendaftar untuk mengikuti pelatihan usaha pada 2023 yang diselenggarakan oleh Suku Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi (Nakertrans) dan Energi Jakarta Barat.

"Sudah ratusan. Kira-kira per kecamatan itu sekitar 20 orang yang sudah daftar, jadi ya diperkirakan sekitar 160 orang yang sudah daftar," kata Kepala Seksi Pelatihan, Penempatan, Produktivitas dan Transmigrasi Sudin Nakertrans dan Energi Jakarta Barat (Jakbar) Yasil Farabi di Jakarta, Jumat.

Ratusan warga tersebut mendaftar untuk menjadi pengusaha kue kering serta kue basah dan minuman ringan.

Yasil mengatakan, proses pendaftaran masih terbuka lantaran pihaknya menyediakan 200 kuota untuk pelatihan membuat minuman ringan dan 300 kuota untuk pelatihan membuat kue.

Warga yang ingin mendaftar bisa langsung ke petugas pendamping usaha di setiap kecamatan di wilayah Jakarta Barat.

Baca juga: Pelatihan Kerja Jakbar gelar 12 bidang kejuruan untuk gelombang I 2023
Baca juga: Pemkot ajak ratusan perempuan ikut pelatihan tata rias pada 2023


Nantinya, mereka yang mendaftar akan diseleksi terlebih dahulu dengan sistem wawancara. "Kita tanyakan peminatannya serta kita prioritaskan untuk mereka yang sebelumnya sempat punya usaha kecil-kecilan," kata Yasil.

Hal tersebut dilakukan agar para peserta bisa serius mengikuti proses pelatihan serta memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan Suku Dinas (Sudin) Nakertrans dan Energi Jakbar.

"Kita antisipasi warga yang ikut pelatihan hanya untuk menerima peralatan membuat kue yang telah kita sediakan," kata Yasil.

Setelah proses seleksi, para peserta diperkirakan memulai mengikuti pelatihan pada Maret 2023. Dengan adanya upaya tersebut, dia berharap peserta pelatihan usaha bisa mendapatkan pendapatan yang cukup dan membuka lapangan pekerjaan untuk warga sekitar.

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023