Mudah-mudahan ini menjadi berkah dan akan bermanfaat bagi umat
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN) Raja Juli Antoni menyerahkan sertipikat tanah Yayasan Sunan Kalijaga yang merupakan aset warisan budaya di Kadilangu, Demak, Jumat (27/1).

"Saya diperintahkan Pak Menteri Hadi Tjahjanto, agar saya komandoi jaringan ATR/BPN akan menjaga aset dan warisan para leluhur kita. Hari ini saya bagikan enam sertipikat milik Yayasan Sunan Kalijaga. Sertipikat ini untuk menjaga warisan Sunan Kalijaga," ujar Raja melalui siaran resminya di Jakarta, Jumat.

Sertipikat tersebut diterima langsung oleh keturunan Sunan Kalijaga, R Kristiawan Saputra. Sebelumnya Kementerian ATR/BPN telah menyerahkan 27 sertipikat.

"Beberapa waktu yang lalu telah diserahkan 27 sertipikat, sekarang enam. Insya Allah sisanya segera selesai dalam waktu dekat," kata Raja.

Raja mengatakan wisata religi yang menghidupkan nuansa spiritualitas seperti yang dikelola Yayasan Sunan Kalijaga harus dijaga tanahnya melalui sertipikat.

Lebih lanjut, Raja berharap penyerahan sertipikat dapat membuat yayasan semakin produktif dalam menebar manfaat untuk umat.

"Mudah-mudahan ini menjadi berkah dan akan bermanfaat bagi umat," katanya.

Sementara itu, Raja juga menyerahkan sertipikat tanah wakaf milik Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah di Rumah Adat Menara Kudus, Jawa Tengah, Jumat (27/1).

Wamen ATR/Waka BPN menyerahkan 16 sertipikat tanah wakaf lainnya berupa tujuh sertipikat wakaf pendidikan, lima sertipikat Masjid/Musala dan dua sertipikat Pemakaman Umum.

Raja memastikan Kementerian ATR/BPN akan terus membagikan sertipikat terutama untuk tanah wakaf meliputi masjid, musala dan tempat-tempat pendidikan.

"Komitmen kami jelas untuk tanah wakaf ini. Namun kami meminta partisipasi bapak ibu untuk memasang patok dan percepatan data yuridisnya," kata Raja.

Baca juga: Pemerintah telah menerbitkan 109.838 sertifikat tanah wakaf
Baca juga: Wamen ATR/Waka BPN serahkan 26 sertifikat tanah wakaf di Cirebon
Baca juga: Wamen ATR bagikan sertifikat sebut pentingnya seritifikasi tanah wakaf

 

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023