Makassar (ANTARA) - Tim Seleksi (Timsel) penjaringan mulai mensosialisasikan masa pendaftaran calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan yang dibuka 10-20 Februari 2023 untuk bertugas mengawasi proses tahapan Pemilu serentak 14 Februari 2023.

"Sosialisasi ini pada dasarnya menyampaikan jadwal tahapan seleksi dan persyaratan calon anggota Bawaslu Sulsel," ujar anggota Timsel Syarifah Raehana di kantor Bawaslu Maros, Sulawesi Selatan, Ahad.

Sosialisasi tersebut menyusul masa kerja jabatan anggota Bawaslu Sulsel yang akan berakhir pada Maret 2023 sehingga pendaftaran mesti disampaikan kepada publik untuk diketahui.

Raehana mengatakan, timsel membuka pendaftaran calon anggota Bawaslu Provinsi Sulsel bagi masyarakat kabupaten Maros yang berminat untuk mendaftarkan diri untuk menjadi anggota Bawaslu dapat segera mempersiapkan dan mengajukan berkasnya.

Sedangkan untuk teknis pelaksanaan seleksi, kata dia, timsel saat ini masih menunggu panduan resmi dari Bawaslu Pusat. Panduan tersebut khususnya pada tahapan penelitian administrasi, tes tertulis, tes psikologi dan wawancara.

"Untuk jadwal tahapan seleksi dan persyaratan calon anggota Bawaslu Provinsi secara lengkap dapat diakses masyarakat melalui website Bawaslu Sulsel di www.sulsel.bawaslu.go.id, yang diumumkan 1 sampai 9 Februari, 2023," tutur wanita bergelar Doktor di Bidang Ilmu Ekonomi Islam ini.

Ia menambahkan, pihaknya berupaya menjaring putra-putri terbaik dan memberikan kesempatan bagi calon anggota Bawaslu yang potensial untuk mendaftar di tingkat provinsi khususnya dari Kabupaten Maros.

"Kami berharap masyarakat yang memiliki potensi dan memenuhi persyaratan dapat mengambil bagian dari proses seleksi anggota Bawaslu Sulsel periode 2023-2028," kata Wakil Dekan I Fakultas Agama Islam Universitas Muslim Indonesia ini menambahkan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Maros Sufirman saat mengikuti sosialisasi pendaftaran tersebut mengatakan, bersama jajarannya siap membantu dalam mensosialisasikan pembentukan anggota Bawaslu Sulsel sesuai dengan kebutuhan Timsel.

"Apabila dibutuhkan, kami siap mensosialisasikan seleksi anggota Bawaslu termasuk memberi penyampaian langsung kepada Ormas, OKP, tokoh masyarakat, tokoh Perempuan dan masyarakat potensial di Kabupaten Maros," ucap dia menegaskan.

Sosialisasi pendaftaran calon anggota Bawaslu Sulsel itu juga dihadiri ketua dan anggota Bawaslu Maros, ketua dan anggota KPU Maros, serta Kepala Sekretariat dan jajaran Bawaslu Kabupaten Maros.
 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023