Surabaya (ANTARA) - Tim Pencarian dan Penyelamatan (SAR) mengevakuasi sebuah kapal yacht "Canace" berbendera Finlandia ke Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Madura, Jawa Timur, setelah mengalami masalah mesin dan terdampar di sekitar perairan setempat.

Kepala Kantor SAR Surabaya Hari Adi Purnomo dalam keterangannya di Surabaya, Senin, menjelaskan kapal layar ringan cepat dengan dua awak berusia lanjut, yaitu Hanna Maria Niemi (68 tahun) dan Viekko Lauri (71 tahun) itu melaporkan mengalami kerusakan mesin melalui sambungan telepon satelit pada Jumat, 27 Januari 2023.

"Tim SAR Gabungan segera melakukan pencarian dan menemukan kapal yacht Canace di koordinat 6°32.632'S, 114°22.638'E atau perairan laut utara Sumenep pada Minggu, 29 Januari 2023," katanya.

Kapal Negara SAR 249 Permadi kemudian menarik kapal yacht tersebut menuju Pelabuhan Kalianget, Sumenep.

"Tiba di Pelabuhan Kalianget pada Senin dini hari tadi pukul 01.15 WIB," ujar Hari seraya menambahkan dua awak kapal yang berkebangsaan Finlandia dalam kondisi selamat.

Hari mengatakan proses evakuasi kapal itu dibantu oleh personel TNI AL, kepolisian, kesyahbandaran, dan BMKG setempat.

"Unsur SAR lainnya juga ikut melakukan pencarian dan turut membantu proses evakuasi hingga sampai ke Pelabuhan Kalianget," katanya.

Pewarta: Abdul Hakim/Hanif Nashrullah
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023