targetnya masih memasarkan di Cilangkap dan Pondok Kelapa tahap kedua
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI memasarkan hunian dengan skema pembayaran uang muka (down payment/DP) nol di Cilangkap dan Pondok Kepala di Jakarta Timur.

“Kami targetnya masih memasarkan di Cilangkap dan Pondok Kelapa tahap kedua,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Sarjoko di Balai Kota Jakarta, Senin.

Berdasarkan data aplikasi Sistem Informasi Perumahan dan Permukiman DKI (Sirukim) yang diunggah per 25 Oktober 2022, sudah terpadat 418 pemohon dalam proses pengajuan dari total 868 hunian tipe studio dan dua kamar tidur.

Sedangkan Nuansa Pondok Kelapa dari 480 unit hunian tipe studio dan dua kamar tidur, sudah ada 384 pemohon dalam proses pengajuan.

Sementara itu, terkait proyek tahun ini, Sarjoko menambahkan ada beberapa pengembang swasta yang sedang menyelesaikan proses perizinan.

Baca juga: DKI ajak swasta garap hunian DP nol rupiah

Dalam program DP Nol itu, kata dia, pengembang yang membeli lahan, sedangkan Pemprov DKI memfasilitasi pembiayaan tanpa uang muka kepada calon pembeli.

“Nanti kalau masalah eksekusi pembangunannya, apakah tahun ini atau tahun besok, nanti kami komunikasikan lebih lanjut kepada para pemegang izin tersebut,” ucapnya.

Dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) 2023-2026 yang disusun saat Gubernur DKI Anies Baswedan, Pemprov DKI menargetkan pembangunan DP nol mencapai 9.081 unit.

Jumlah itu, menurun drastis apabila dibandingkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022 mencapai 232 ribu unit.

“Satu sisi, tentu kami tetap mendorong supaya ada pihak lain yang ikut partisipasi dalam penyediaan hunian tersebut,” katanya.

Baca juga: Berharap dari program hunian DP Nol Rupiah

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman DKI sebelumnya mendata hingga September 2022 total diperkirakan sudah terbangun sekitar 2.322 unit hunian DP nol rupiah.

Di antaranya Menara Samawa di Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur mencapai 780 unit, Bandar Kemayoran sebanyak 38 unit, Sentraland Cengkareng sebanyak 149 unit dan 1.348 unit yang baru diresmikan yakni Menara Swasana di Pondok Kelapa dan Cilangkap.

Selain itu, DKI masih mengembangkan dengan pihak potensial salah satunya swasta untuk membangun hunian DP nol.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023