Pagi ke Mandiri Investment Forum, siang intern, sore ke Bali
Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri Mandiri Investment Forum pada Rabu (1/2) pagi besok di Jakarta.

"Pagi ke Mandiri Investment Forum, siang intern, sore ke Bali," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa.

Agenda Presiden pada Rabu menjadi pertanyaan dalam beberapa hari terakhir, karena santer-nya kabar bahwa akan ada perombakan (reshuffle) Kabinet Indonesia Maju.

Rabu pertama Februari 2023, menurut kalender Jawa, merupakan Rabu Pon. Presiden Jokowi memang memiliki kebiasaan untuk mengumumkan kebijakan penting pada Rabu Pon.

Sebelumnya Presiden Jokowi, Minggu (29/1), meminta semua pihak untuk menunggu saja mengenai reshuffle kabinet.

Baca juga: Airlangga bicara soal politik pada Rabu di tengah isu "reshuffle"

Baca juga: Pramono Anung jawab soal "reshuffle" Rabu Pon


"Masa (pekan depan Rabu Pon)? Rabu Pon, benar? Ya nanti tunggu saja," kata Jokowi di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (29/1).

Pernyataan Presiden Jokowi yang mengindikasikan sinyalemen akan adanya reshuffle juga dikemukakan dalam beberapa kesempatan. Pada 23 Desember 2022, Jokowi menjawab terdapat kemungkinan reshuffle sembari meminta semua pihak menunggu. Begitu juga saat meninjau Pasar Tanah Abang, Jakarta, pada 2 Januari 2023.

"Ya tunggu saja," kata Jokowi saat itu.

Isu reshuffle pertama kali berembus karena ada desakan terhadap menteri-menteri asal Partai NasDem mengingat partai tersebut telah mendeklarasikan akan mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

Presiden Jokowi menerima Ketua Umum NasDem Surya Paloh di Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis (26/1) pekan lalu. Dalam kesempatan wawancara pada Minggu (29/1), wartawan bertanya kepada Presiden Jokowi, terkait isi pertemuan dengan Surya Paloh.

"Pertemuannya biasa-biasa saja," jawab Jokowi.

Saat ditanya apakah pertemuannya dengan Paloh membahas perombakan kabinet, Jokowi menjawab, "Mau tahu saja".

Baca juga: Partai NasDem: Pertemuan Jokowi-Surya Paloh silaturahim biasa

Baca juga: Pengamat: Reshuffle kabinet tak terlalu pengaruhi konstelasi politik


Menteri asal Partai NasDem di Kabinet Indonesia Maju adalah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, serta Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada Selasa ini meminta wartawan menunggu sampai hari Rabu (1/2) besok terkait isu politik nasional. Dia enggan mengungkapkan lebih rinci mengenai isu politik tersebut.

"Soal politik tunggu hari Rabu," ucap Airlangga.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023