Banda Aceh (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sabang menyatakan akses utama transportasi ke daerah wisata Iboih, Kota Sabang sudah bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat, setelah dua hari lumpuh total akibat tanah longsor.

"Jalur lintas Cot Murong dan Panton menuju ke Iboih sudah bisa dilewati mulai hari ini," kata Sekretaris BPBD Kota Sabang Harru Susethia di Kota Sabang, Selasa.

BPBD Sabang menjelaskan, sebelumnya akses utama ke daerah destinasi wisata kawasan Iboih lumpuh total akibat longsor parah di beberapa titik, seperti wilayah Cot Meurong, Cot Panton hingga Gapang yang paling parah.

Peristiwa tersebut dipicu curah hujan dengan intensitas tinggi sejak Ahad (29/1) sore. Selain longsor, dampak banjir juga menerjang sejumlah wilayah pemukiman penduduk, yang membawa material lumpur, kayu dan bebatuan.

Baca juga: Akses utama ke wisata Sabang lumpuh total akibat belasan titik longsor

Baca juga: BPBD siagakan personel tangani bencana akibat cuaca ekstrem di Sabang


Namun saat ini, kata Harry, kondisi penanganan kebencanan di wilayah Sabang itu semakin baik.

Termasuk akses utama menuju kawasan wisata Iboih yang telah bisa dilalui dengan baik. Namun, warga juga diminta untuk terus berhati-hati saat melintas mengingat cuaca wilayah Sabang masih diguyur hujan ringan hingga deras.

"Saat ini yang masih terputus jalan menuju wisata tugu kilometer nol. Jalan terputus total karena tanah longsor," kata Harry.

Selain itu, masyarakat daerah Iboih juga merasakan dampak pemadaman listrik dan kekurangan air bersih akibat peristiwa tanah longsor dan banjir.

"Listrik dalam proses perbaikan. Kebutuhan air juga sedang dalam proses penanganan," ujarnya.*

Baca juga: Longsor kembali tutupi lintas Tugu Kilometer Nol Sabang

Baca juga: Longsor di tanjakan Cot Murong-Sabang dipicu empat faktor

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023