Washington, AS (ANTARA) - Konsumen Amerika Serikat (AS) menyambut bulan pertama di tahun yang baru dengan optimisme yang sedikit menurun, menurut data yang dirilis pada Selasa (31/1).

Indeks keyakinan konsumen organisasi nirlaba The Conference Board turun menjadi 107,1 pada Januari, turun tipis dari 109 pada bulan sebelumnya.

"Keyakinan konsumen turun pada Januari, tetapi tetap berada di atas level yang tercatat pada Juli lalu, yang terendah pada 2022," kata Ataman Ozyildirim, direktur senior dan ekonom di The Conference Board. "Keyakinan konsumen turun paling banyak di kategori rumah tangga yang berpenghasilan kurang dari 15.000 dolar AS (1 dolar AS = Rp14.992) dan rumah tangga berusia di bawah 35 tahun."

Indeks situasi terkini, ukuran penilaian konsumen terhadap tren tenaga kerja dan bisnis, dari organisasi tersebut naik menjadi 150,9 dari 147,4 bulan lalu.

Namun, indeks ekspektasi, yang mengukur pandangan jangka pendek konsumen tentang pendapatan, tenaga kerja, dan kondisi bisnis, turun menjadi 77,8 dari 83,4 bulan lalu.

Semua ini terjadi ketika para ekonom memperkirakan potensi resesi pada paruh kedua tahun ini.

Data tersebut dirilis sehari sebelum bank sentral AS Federal Reserve (The Fed) diperkirakan akan menaikkan suku bunga, demikian Xinhua dikutip Rabu.


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023