Kulon Progo (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, AKBP Muharomah Fajarini melaksanakan pengamanan dan pemantauan di area Bandara Istimewa Yogyakarta atas kedatangan delegasi negara peserta ASEAN Tourism Forum 2023.

Kapolres Kulon Progo Muharomah Fajarini di Kulon Progo, Rabu, mengatakan Polres Kulon Progo siap memberikan pengamanan kegiatan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 di wilayah hukum setempat.

Kapolres turun langsung melaksanakan pemantauan dan pengecekan pengamanan yang dilaksanakan oleh anggota yang bertugas di lapangan dimulai dari Bandara Internasional Kulon Progo sebagai tempat kedatangan delegasi negara peserta ATF.

"Hari ini kami melakukan pemantauan persiapan pengamanan sepanjang jalur yang menjadi rute perjalanan menuju ke JEC Yogyakarta," kata Fajarini.

Ia mengatakan Polres Kulon Progo mengerahkan 78 personel untuk melaksanakan pengaman dan pengawalan jalur sampai dengan Jembatan Bantar.

"Semua tamu yang berkaitan dengan ATF, baik dari dalam maupun luar negeri dikawal sampai selesai kegiatan meninggalkan Wilayah Kulon Progo," katanya.

Selain menerjunkan anggota yang bertugas pengamanan di sepanjang jalan, lanjut Fajarini, Polres Kulon Progo juga menerjunkan unit patroli sepanjang jalur lintasan yang dilalui.

Kegiatan ATF yang dilaksanakan langsung di JEC Yogyakarta mulai pada 2-5 Februari 2023, yang akan di hadiri delegasi Head of NTO (setingkat eselon 1 ) dan menteri/ wakil menteri dari berbagai negara.

Selanjutnya, Polres Kulon Progo akan menyiapkan pengamanan terbuka dan pengaman tertutup sebanyak 65 personel yang bersiaga, dalam rangkaian kegiatan ATF di beberapa lokasi wisata alam dan kuliner di Kulon Progo.

Untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi para wisatawan asing, yakni 20 peserta dari negara ASEAN akan dilaksanakan setelah selesai acara ATF di JEC, dimulai pada Minggu, 5 Februari 2023.

"Dengan kegiatan "Nanggulan Fun Cycling" oleh peserta ATF kurang lebih akan menempuh jarak 11 kilometer dengan start dan finish di Moana Basecamp Nanggulan Kulon Progo dilanjutkan kegiatan ke beberapa tempat wisata, " kata kapolres.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023