Madiun (ANTARA) - Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bernostalgia menikmati kuliner khas Kota Madiun nasi pecel dengan berkunjung di Depot Pecel 99 yang ada di Jalan Cokroaminoto Kota Madiun, Jawa Timur pada Rabu (1/2/2023).

Presiden ke-6 RI tersebut mengaku memiliki kenangan manis di depot makan tersebut hingga memilih untuk menyantap makanan di tempat tersebut.

"Saya sudah lima kali sama Almarhumah (Ani Yudhoyono, istri SBY) ke sini. Ini yang keenam kalinya ke sini," ujar Mantan Presiden SBY di Madiun, Rabu.

Menurut SBY, cita rasa nasi pecel di Depot Pecel 99 sangat khas dan begitu dalam di benaknya.

Baca juga: SBY dan mantan menteri mampir ke Cirebon makan nasi jamblang

Baca juga: Demokrat gelar konsolidasi partai jelang Pemilu 2024 di Pacitan


"Ada khasnya, terutama bumbu pecelnya. Rasanya enak," kata SBY.

Pemilik Depot Pecel 99 Madiun Ratri Reswari mengatakan pihaknya sudah menunggu Pak SBY lama untuk bisa datang kembali ke depotnya. Pihaknya membenarkan bahwa depotnya sering menjadi tempat makan para tokoh negara saat berkunjung ke Kota Madiun. Salah satunya Pak SBY.

Ia mengatakan, dalam kunjungan kali ini, sebelum mendatangi rumah makannya, tim SBY terlebih dahulu melakukan survei.

"Setelah Bu Ani meninggal dunia, Alhamdulillah Beliau kerso rawuh (bersedia datang) lagi. Mungkin, karena banyak kenangan yang beliau miliki," kata Ratri.

Depot Pecel 99 Madiun merupakan salah satu rumah makan legendaris di Kota Madiun. Depot nasi pecel itu menyajikan menu makan dengan cita rasa yang terjaga untuk seluruh konsumen, termasuk Pak SBY. Aneka lauk dan sayur juga tersedia lengkap, sehingga pelanggan puas menikmati kuliner nasi pecel.

"Menu spesial selain nasi pecel yang banyak diminati ada garang asem dan ayam kampung," katanya.

Sementara, dalam kunjungannya di Madiun tersebut, Mantan Presiden SBY didampingi oleh Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng dan rombongan partai lainnya.

Rencananya, SBY akan berkunjung ke Gresik untuk menonton langsung pertandingan bola voli Proliga. SBY berangkat dari kampung halaman, Pacitan bersama rombongan dan mampir ke Madiun untuk menikmati kuliner nasi pecel.

Setiba di depot pecel tersebut, SBY bersama rombongan disambut Bupati Madiun Ahmad Dawami yang juga menjabat sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Madiun. Rombongan juga disambut Kapolres Madiun AKBP Anton Prasetyo, Kapolres Madiun Kota AKBP Suryono, Dandim 0803 Madiun, dan Danrem 081/DSJ.

Setelah menikmati santap siang di depot tersebut, rombongan mantan Presiden SBY kemudian bertolak ke Surabaya dan Gresik.*

Baca juga: Sudirman Said: Pesan SBY membawa angin segar bagi demokrasi

Baca juga: SBY melukis pemandangan Gunung Ciremai saat di Cirebon

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023