Pada Januari 2023 Kota Madiun mengalami inflasi sebesar 0,35 persen. Angka itu tertinggi ketiga di Provinsi Jawa Timur
Kota Madiun (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kenaikan harga beras mendorong terjadinya inflasi pada Januari 2023 di Kota Madiun, Jawa Timur, sebesar 0,35 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 113.

"Pada Januari 2023 Kota Madiun mengalami inflasi sebesar 0,35 persen. Angka itu tertinggi ketiga di Provinsi Jawa Timur," ujar Kepala BPS Kota Madiun Dwi Yuhenny dalam keterangannya di Madiun, Rabu.

Menurut dia, inflasi di Kota Madiun di awal Januari ini cukup terkendali. Hal itu tidak lepas dari peran serta tim pengendali inflasi daerah (TIPD) dalam melakukan berbagai intervensi untuk menekan laju inflasi.

"Inflasi Kota Madiun pada Januari 2023 ini terendah dibandingkan periode yang sama dua tahun sebelumnya. Yaitu di Januari tahun 2022 sebesar 0,44 persen dan Januari 2021 sebesar 0,60 persen," katanya.

Selain beras, terdapat beberapa komoditas penyumbang inflasi lainnya, di antaranya kenaikan harga cabai rawit, rokok kretek filter, minyak goreng dan bawang merah. Kemudian tarif kereta api, cabai merah, rokok kretek serta naiknya harga emas perhiasan.

Baca juga: Direksi PT INKA dampingi Komisi VI DPR coba naiki LRT Jabodebek

Baca juga: Pemkot Madiun targetkan investasi sebesar Rp194 miliar pada 2023


Sedangkan penekan inflasi di antaranya menurunnya harga komoditas telur ayam ras, bensin, daging ayam ras, serta tarif kendaraan roda empat daring.

"Berdasarkan kelompok pengeluaran di Januari tahun ini, inflasi tertinggi terjadi di kelompok makanan, minuman dan tembakau," kata dia.

Adapun pada Januari 2023, dari delapan kota dan kabupaten penghitung inflasi di Jawa Timur, seluruhnya mengalami inflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Sumenep sebesar 0,63 persen, Surabaya 0,42 persen dan Madiun 0,35 persen.

Kemudian Banyuwangi 0,27 persen, Kediri 0,26 persen, Probolinggo 0,22 persen, Jember 0,16 persen dan inflasi terendah Malang 0,15 persen.

Baca juga: Delapan unit bus listrik produksi INKA dioperasikan di Bandung

Baca juga: Presiden Jokowi pantau pasokan bahan pokok di Pasar Sukolilo Madiun

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023