Ottawa (ANTARA) - Pemerintah Kanada pada Jumat (3/2) menjatuhkan sanksi terhadap 38 individu dan 16 lembaga yang dianggapnya "terlibat dalam menyebarkan disinformasi dan propaganda Rusia", yang langsung menuai janji aksi balasan dari Moskow.

Mereka yang dikenai sanksi mencakup grup media milik negara Rusia MIA Rossiya Segodnya dan penyanyi Nikolai Baskov, yang tampil di konser properang di Moskow, demikian menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri.

"Perang Presiden Vladimir Putin di Ukraina berdasarkan pada kebohongan dan siasat. Operasi disinformasi Rusia membuat para selebritas dan apa yang disebut organisasi berita menggemakan poin pembicaraan Kremlin dan upaya untuk membenarkan kekejaman yang terjadi di seluruh Ukraina," katanya.

Kanada, salah satu pendukung internasional Ukraina paling vokal, telah menjatuhkan sanksi kepada hampir 4.000 orang dan lembaga dari dan di negara Rusia, Ukraina dan Belarusia sejak 2014.

Duta Besar Rusia untuk Kanada Oleg Stepanov mengatakan Moskow akan menanggapi sanksi tersebut dengan cara timbal balik.

"Kami akan merespons setiap aksi tak bersahabat dari otoritas Kanada saat ini, yang kami sesali," katanya kepada Kantor Berita Rusia RIA.

Sumber: Reuters
Baca juga: Kanada panggil dubes Rusia atas serangan terhadap warga di Ukraina
Baca juga: Kanada akan kirim tambahan 200 kendaraan lapis baja ke Ukraina
Baca juga: Kanada beri sanksi baru ke Rusia atas referendum "palsu" di Ukraina

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023