Solo (ANTARA) - Pemerintah Kota Surakarta berharap pengusaha muda mampu berkontribusi pada pemulihan ekonomi yang sempat mengalami hambatan selama pandemi COVID-19.

Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa pada pembukaan Muscab IX Hipmi Solo di The Sunan Hotel Solo, Sabtu mengatakan pemerintah daerah juga siap berkolaborasi dengan para pengusaha muda yang berada dalam keanggotaan Hipmi.

"Solo ini kota yang seksi dan unik. Se-Solo Raya branding-nya di Solo. Produk-produk UMKM branding-nya juga Solo," katanya.

Oleh karena itu, untuk ketua terpilih Hipmi yang akan ditentukan pada muscab tersebut diharapkan mampu berkolaborasi untuk memanfaatkan keunikan yang dimiliki oleh Solo.

"Melihat kekompakan pengusaha muda yang tergabung dalam Hipmi Solo, kami tidak khawatir. Menuju Indonesia emas 2045 berada pada pundak anda semua, pengusaha-pengusaha muda harapan bangsa," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Hipmi Solo Guruh Adi Novianto mengatakan organisasi tersebut telah melalui perjalanan pendewasaan luar biasa.

"Peran Hipmi bagaimana kita bisa makin lebih maju, guyup. Sebagai penggerak ekonomi, leading sektor ekonomi. Bersinergi menjadikan Kota Solo makin maju tidak hanya di Jateng tetapi juga di Indonesia," katanya.

Ia juga berpesan kepada pengurus Hipmi baru ke depan agar terus mengedepankan kebersamaan.

"Terus mengingat seberapa sulit kita membangun kekompakan dalam kegiatan baik formal dan nonformal. Merekatkan kita semua tanpa memberikan batasan," katanya di depan para anggota Hipmi Solo.

Sementara itu, Ketua OC Muscab IX Hipmi Solo Jimmy Soegiarto mengatakan ada tiga kandidat yang berkompetisi untuk merebut kursi ketua, yakni Rosanto Adi, Astrid Widayani, dan Respadi Ardi.

"Pada muscab kali ini kami menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan, pesannya adalah agar kami semua saling berkolaborasi dan menguatkan pascapandemi COVID-19," katanya.

Baca juga: HIPMI bahas strategi penguatan ekonomi nasional di Bali

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023