Jakarta (ANTARA) - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menilai Ketua Rukun Warga (RW) di DKI Jakarta memiliki peran strategis mengingat keberadaannya yang bersinggungan langsung dengan masyarakat.

"RW ini sangat penting peranannya, mulai dari urusan masyarakat dari lahir sampai dikebumikan itu diurusi RW. Bahkan dalam beberapa kesempatan perannya luar biasa," kata Fadil dalam pertemuan dengan Ketua RW se-Jakarta Selatan di Ballroom Boutique Mall, Jakarta Selatan, Minggu.

Pertemuan itu juga dihadiri oleh Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Selain dihadiri ratusan ketua RW dari semua wilayah di Jakarta Selatan, acara tersebut dihadiri oleh jajaran Pemerintah Kota Jakarta Selatan, Polres Metro Jakarta Selatan, camat, lurah, Babinsa dan Babinkamtibmas.

Baca juga: Heru minta Ketua RW se-Jaktim tingkatkan keamanan jelang KTT ASEAN

Kapolda mencontohkan peran strategis RW yang terlihat adalah saat masa COVID-19 sampai pandemi tersebut dapat terlewati dengan baik.

"Semuanya. Stunting RW, COVID-19 RW dan tadi yang disampaikan oleh Pangdam. Ternyata bisa kita lewati. Guyub rukun ketua RW buktikan kita bisa lewati pandemi luar biasa," ujarnya.

Fadil juga mengibaratkan peran Ketua RW dengan ujung urat saraf seperti di ujung jari manusia yang dapat merasakan sesuatu.

Karena itu, kata Fadil, sebagai ujung syaraf dalam lingkup Pemerintah Provinsi l (Pemprov) DKI Jakarta, Ketua RW diharapkan peka terhadap setiap peristiwa di wilayahnya.

"Kami ingin agar fungsi ujung syaraf ini berfungsi dengan baik. Saya tidak ingin ujung syarafnya eror. Kami ingin radar kuat. Telinganya bagus pendengarannya. Matanya tajam seperti elang," kata dia.

Baca juga: Polres Jaksel bentuk 580 polisi RW untuk membantu pengamanan wilayah

Hal senada diungkapkan oleh Pangdam Jayakarta Mayjen TNI Untung Budhiarto yang juga mengingatkan pentingnya peran RW mengingat Jakarta merupakan pusat pemerintahan Republik Indonesia sehingga setiap peristiwa di daerah bermuara di Jakarta dan masalah yang timbul akan melebihi daerah lain.

Sejauh ini, Untung menilai situasi Kota Jakarta cenderung aman. Namun dia mengajak seluruh Ketua RW bersiap terhadap segala kemungkinan.

"Selama saya memimpin Kodam setahun ini saya merasa Jakarta aman. Itu semua berkat kerja para Ketua RW sekalian. Namun kita harus mempersiapkan segala kemungkinan ke depan," tuturnya.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023