Berikut merupakan berita-berita kemarin, Minggu (5/2) yang masih layak disimak pagi ini.
Jakarta (ANTARA) - ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 menyepakati berbagai upaya kolaborasi negara-negara ASEAN untuk memperkuat implementasi strategi pariwisata di kawasan (ASEAN Tourism Strategic Plan/ATSP), menjadi salah satu berita kemarin yang masih layak disimak pagi ini.

Selain itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan Pemerintah Indonesia melanjutkan persiapan Pembukaan Pertemuan Forum Air Dunia Ke-10 pada 15-16 Februari 2023, di Balai Sidang Jakarta (Jakarta Convention Center/JCC).

Berikut merupakan berita-berita kemarin, Minggu (5/2) yang masih layak disimak pagi ini.
 

ATF 2023 sepakati kolaborasi penguatan strategi pariwisata di ASEAN

ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 yang berlangsung di Yogyakarta 3 hingga 5 Februari 2023 menyepakati berbagai upaya kolaborasi negara-negara ASEAN untuk memperkuat implementasi strategi pariwisata di kawasan itu (ASEAN Tourism Strategic Plan/ATSP).

"Negara-negara ASEAN mendorong setiap organisasi pariwisata nasional ASEAN untuk dapat mengidentifikasi langkah-langkah strategis serta kegiatan-kegiatan dalam meningkatkan pelaksanaan ATSP di tahun-tahun mendatang," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam pernyataan bersama ATF di Hotel Mariott, Yogyakarta, Minggu.


Menteri PUPR tekankan pentingnya menjaga kualitas pembangunan IKN

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menekankan pentingnya menjaga kualitas, estetika dan keberlanjutan lingkungan dalam pembangunan infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Basuki mengatakan bahwa sejauh ini progres fisik infrastruktur IKN keseluruhan sudah 14 persen dan berjalan baik sesuai dengan 3 prinsip utama, yakni untuk menjamin kualitas, estetika dan keberlanjutan lingkungan.


Menparekraf dan delegasi ATF kunjungi Travel Expo 2023 di Yogyakarta

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bersama sejumlah delegasi ASEAN Tourism Forum mengunjungi Travel Expo (Travex) di Jogjakarta Expo Center (JEC), yang merupakan bagian dari penyelenggaraan Pertemuan ATF 2023 pada Sabtu (4/2) malam.

"Saya sengaja mengajak Madame Garcia (Secretary of Department Tourism Philippines - Christina Garcia Fasco) melihat langsung antusiasme dan potensi kebangkitan pariwisata kita," kata Menparekraf Sandiaga dalam siaran pers yang diterima, di Yogyakarta, Minggu.


Warga promosikan Desa Wisata Ngilngof Maluku hingga mancanegara

Warga Desa Ngilngof Kecamatan Manyeuw Kabupaten Maluku Tenggara Provinsi Maluku mengembangkan desanya secara swadaya menjadi desa wisata dan mempromosikannya hingga dikenal wisatawan Nusantara dan mancanegara.

"Di Desa Ngilngof terdapat Objek Wisata Pantai Ngurbloat dengan pasir terhalus di dunia,​ ​​​​​kawasan wisata Pantai Ngurbloat dikelola masyarakat secara swadaya," kata Ketua Pengelola Desa Wisata Ngilngof, Rudolf Tethool kepada ANTARA di Ambon, Minggu.


Menteri PUPR sebut RI siap gelar Pembukaan Pertemuan Forum Air Dunia

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan Pemerintah Indonesia melanjutkan persiapan Pembukaan Pertemuan Forum Air Dunia Ke-10 pada 15-16 Februari 2023 di Balai Sidang Jakarta (Jakarta Convention Center/JCC).

"Kick-off meeting nanti ditargetkan untuk dihadiri oleh 1.000 peserta, setiap peserta dapat memberikan kontribusi terhadap upaya mencari solusi atas tantangan bidang keairan, baik di skala regional, nasional maupun global," ujar Basuki dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023