Pangkalpinang (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyatakan tujuh kabupaten/kota se-Kepulauan Babel pada Senin (6/2) tanpa penambahan kasus orang terpapar virus corona, sehingga total pasien COVID-19 aktif tersisa empat orang.

"Saat ini Babel tanpa kasus orang terpapar virus corona, pasien sembuh dan meninggal nihil," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan tujuh kabupaten/kota tanpa penambahan kasus COVID-19, yaitu Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Barat, Bangka Tengah, Belitung dan Belitung Timur, karena kesadaran masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan yang masih baik.

Baca juga: Satgas: Pasien COVID-19 di Babel tersisa 13 orang

"Kami terus mempertahankan kondisi ini dengan tetap mensosialisasikan protokol kesehatan dan vaksinasi penguat kepada masyarakat," katanya.

Ia menyatakan sebanyak empat pasien aktif yang masih menjalani karantina terdapat di Bangka dua pasien, Bangka Selatan dan Bangka Tengah masing-masing satu orang pasien.

"Saat ini Belitung, Belitung Timur, Bangka Barat, dan Kota Pangkalpinang tanpa pasien COVID-19, karena tidak adanya penambahan kasus di empat kabupaten/kota tersebut," ujarnya.

Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin mengatakan meski PPKM sudah dicabut, masyarakat diminta tetap menjalankan protokol kesehatan.

"Tetap menjaga prokes, karena apapun itu sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat untuk selalu mewaspadai virus corona ini. Jangan sampai terjadi lagi lonjakan, karena tidak menerapkan prokes ini," ujarnya.

Baca juga: Enam kabupaten di Babel tanpa penambahan kasus positif COVID-19

Baca juga: Satgas: Enam kabupaten di Babel tanpa penambahan COVID-19

Pewarta: Aprionis
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023