Jakarta (ANTARA/JACX) – Penyelenggaraan mobil balap listrik Formula E di DKI Jakarta menjadi pembahasan warganet, bukan hanya terkait olahraga melainkan pula administrasi penyelenggaraannya.

Bahkan hingga awal 2023, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih menyelidiki aliran dana penyelenggaraan Formula E di DKI Jakarta, pada 2022.

Pada 5 Februari 2023, muncul unggahan di YouTube yang menarasikan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah ditetapkan sebagai tersangka tunggal Formula E.

Gambar sampul pada unggahan video berdurasi 10 menit, enam detik itu menampilkan sosok yang diklaim sebagai Anies Baswedan mengenakan rompi kuning.

Berikut narasi dalam unggahan YouTube tersebut:
“Resmi jadi tersangka tunggal Formula E, Mahfud MD angkat bicara sore ini”

Namun, benarkah Anies Baswedan resmi jadi tersangka tunggal Formula E?

Unggahan video hoaks yang menyatakan Anies Baswedan sebagai tersangka tunggal Formula E. Faktanya, dalam unggahan tersebut tidak menyebutkan bahwa Anies Baswedan sebagai tersangka Formula E. (YouTube)
Penjelasan:
Unggahan video di YouTube itu merupakan kompilasi dari beberapa video lain yang dapat ditelusuri di situs berbagi konten video itu.

Video yang dirangkai dalam unggahan akun Kabar Politik itu antara lain pendapat Denny Siregar mengenai Formula E yang diunggah akun CokroTV berjudul ‘Denny Siregar: ANIES, KPK DAN FORMULA E I Timeline’.

Selain itu, narasi dalam unggahan konten Kabar Politik bersumber dari laporan Warta Ekonomi berjudul ‘Terkuak Pintu Masuk KPK Selidiki Formula E, Denny Siregar Ungkap: Kasus Ini Memang Jadi Sandera Buat Anies Baswedan’ dan berita Suara.com berjudul ‘Denny Siregar Sindir Soal Strategi Kampanye, Relawan Anies Beri Balasan Menohok: Jangan Sewot'.

Unggahan video itu tidak menyebutkan secara gamblang Anies Baswedan menjadi tersangka tunggal Formula E, tapi hanya menjabarkan pendapat Denny Siregar dalam program siniarnya.

"Formula E saat ini masih dalam proses penyelidikan jadi belum pada proses proses penyidikan, karena kami sekali lagi kami profesional menangani perkara itu," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, di Jakarta, 4 Januari dilansir ANTARA.

Dengan demikian, unggahan video yang menyatakan bahwa Anies Baswedan resmi menjadi tersangka Formula E merupakan keliru.

Klaim: Anies Baswedan resmi tersangka tunggal Formula E
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Foto atribut Anies Baswedan dibakar massa di Bandung

Cek fakta: Hoaks! Cak Nun sebut Jokowi 'Firaun' adalah perintah Anies Baswedan

Baca juga: KPK sebut belum ada rencana gelar perkara kasus Formula E

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023