AMSTERDAM, Belanda, 11 Oktober 2012 (ANTARA/PRNewswire) --

Seminar perayaan hari jadi ke-10 Eye on the Future di Amsterdam telah digelar

     Sebanyak 50% dari total produksi kopi, kakao dan teh di dunia harus dibuat berkelanjutan dalam dekade berikutnya. Ini adalah keinginan UTZ Certified yang diumumkan pada seminar perayaan hari jadi ke-10 'Eye on the Future' yang berlangsung kemarin di Amsterdam, Belanda. Seminar ini menghadirkan para pemangku kepentingan yang berbeda untuk membahas UTZ serta peran dan posisi program yang disertifikasi di masa depan.

     UTZ Certified bertujuan melakukan ekspansi lebih lanjut dengan meningkatkan, menambah komitmen industri dan terutama sekali membangun jaringan kuat para petani, masyarakat sipil, LSM dan pelaku terkait lainnya dalam rantai pasokan. Dengan menggabungkan teknologi tinggi dengan kekuatan alam, selanjutnya UTZ akan melakukan praktek pertanian yang lebih kuat, meningkatkan pendapatan, mengurangi hambatan dan meningkatkan mata pencaharian para petani.  

     Meningkatkan kapasitas

     Saat memuji keberhasilan yang dicapai sejauh ini oleh UTZ dan mitra-mitranya, para ahli terkemuka di bidang keberlanjutan menguraikan tantangan yang akan dihadapi ke depannya dalam usaha ini. Kamau Kuria dari Coffee Management Systems dan Korotoum Doumbia dari CEMOI menjelaskan pandangan mereka mengenai tantangan yang dihadapi oleh perkebunan kopi dan kakao di Ghana dan Cote d'Ivoire: akses untuk membiayai, meningkatkan pembangunan kapasitas dan jangkauan lebih lanjut untuk petani kecil merupakan kunci untuk perbaikan mata pencaharian mereka.

     Membuat hal yang mustahil menjadi mungkin

     Heather Mak, yang turut menulis Signed, Sealed en Delivered, menyatakan bahwa tingkat harmonisasi tertentu standar dan label di seluruh sektor dapat membantu memenuhi kebutuhan petani. Nicko Debenham, Direktur Pengembangan dan Kesinambungan dari Armajaro menekankan pentingnya sistem pencarian, fokus pada dampak dan kepatuhan yang ketat untuk persyaratan. Gunter Pauli, penulis Blue Economy membuat permohonan yang kuat untuk membuat hal yang mustahil menjadi mungkin, misalnya meningkatkan pendapatan petani dengan memungkinkan mereka menumbuhkan jamur pada limbah kopi. Saat menekankan betapa pentingnya air minum dan perlindungan permukaan tanah sebagai bagian dan kumpulan tak terpisahkan dari standar sertifikasi, beliau menggarisbawahi peran penting UTZ yang terus dimainkan dalam memenuhi kebutuhan petani.

     Pertanian Berkelanjutan dengan Norma

     Direktur UTZ Certified Han de Groot menyimpulkan bahwa, saat berkonsentrasi untuk meningkatkan mata pencaharian petani, UTZ akan berinvestasi dalam pertumbuhan lebih lanjut, baik dalam volume dan dampak, untuk membuat pertanian berkelanjutan dengan norma.

     Sumber: UTZ CERTIFIED

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2012