Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat berkolaborasi dengan pihak swasta untuk meningkatkan capaian vaksin penguat (booster) COVID-19 tahap kedua.

"Kami siap bekerjasama dengan pihak swasta manapun. Beberapa sudah ada yang mau bersedia," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Erizon Safari saat dihubungi di Jakarta Barat, Senin.

Menurut Erizon, beberapa hari terakhir banyak pihak swasta yang telah membantu Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) memperluas capaian vaksin. Salah satunya Mall Central Park yang saat ini masih menggelar gerai vaksin hingga dua minggu ke depan.

Selain itu, beberapa pusat perbelanjaan juga telah menyediakan tempat untuk menggelar vaksinasi massal. "Kemarin Pak Wali Kota gelar serempak di delapan mal pada hari Sabtu dan banyak warga yang antusias," kata dia.

Baca juga: Pemkot Jakbar pastikan vaksin penguat untuk lansia ada di Puskesmas
Baca juga: Pemkot pastikan seluruh pusat perbelanjaan berlakukan wajib "booster"

Namun Erizon belum bisa menjelaskan secara rinci capaian vaksinasi "booster" tahap dua di Jakarta Barat hingga saat ini.

"Datanya fluktuatif dan kita tidak ada target karena ini sifatnya imbauan, dianjurkan. Bukan wajib ditargetkan seperti vaksin satu dan dua kemarin," kata Erizon.

Erizon berharap kolaborasi ini bisa berjalan maksimal sehingga capaian vaksinasi di Jakarta Barat bisa optimal dan warga kebal dari COVID-19.

Sebelumnya, Pemkot Jakbar sempat membuka gerai vaksinasi dosis empat atau "booster" ke dua yang berlangsung hingga Jumat (27/1) bertempat di kantor wali kota.

Dalam kegiatan tersebut, disediakan 100 dosis vaksin per hari. Tidak hanya dalam kegiatan tersebut, Pemkot Jakbar juga menyediakan gerai vaksinasi di seluruh Puskesmas Kecamatan dan kelurahan wilayah Jakarta Barat.
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023