Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meminta Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut memperkuat dedikasi, loyalitas dan kinerja guna membantu mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"Para Taruna dan Taruni AAL adalah calon-calon pemimpin yang turut menentukan masa depan bangsa kita. Oleh sebab itu, perkuat dedikasi, loyalitas, dan kinerja untuk menyangga peran dan fungsi TNI AL," tegas Wapres Ma’ruf saat memberikan kuliah umum di Akademi Angkatan Laut (AAL), Bumimoro, Surabaya, Senin, sebagaimana siaran pers yang diterima di Jakarta.

Wapres menyampaikan perkembangan dunia yang sangat cepat dan dinamis harus disikapi dengan terbuka dan bijak.

Selain itu, Taruna dan Taruni AAL juga harus terus meningkatkan wawasan dan pengetahuan, baik terkait isu-isu nasional maupun global, khususnya yang menyangkut isu kemaritiman.

Mengenai karier individu, Wapres Ma'ruf berpesan kepada Taruna/Taruni AAL untuk selalu menjaga integritas di semua jenjang penugasan, serta bersikap rendah hati, bergaya hidup sederhana, dan dekat dengan rakyat.

Wapres juga berharap para Taruna dan Taruni AAL menguasai teknologi dan kecerdasan buatan.

Dalam kesempatan itu, Wapres Ma'ruf juga menyampaikan penghargaan kepada Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan Laut, Gubernur AAL, serta para Taruna AAL.

Sebelumnya, Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Denih Hendarta menyampaikan apresiasi kepada Wapres Ma'ruf Amin atas kesediaannya memberikan kuliah umum kepada Taruna dan Taruni AAL.

"Merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri buat kami keluarga besar Akademi Angkatan Laut atas kesediaan hadir memenuhi undangan kami," tutur Hendarta.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023