Manokwari (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lalu Lintas Keselamatan Mansinam 2023 untuk tercipta kondisi, terutama menekan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di wilayah provinsi itu dalam menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriah.

Inspektur Pengawas Umum Daerah (Irwasda) Polda Papua Barat Kombes Pol Godhelp Cornelis Mansnembra yang memimpin apel tersebut di Manokwari, Selasa, mengatakan ada tujuh target Operasi Mansinam, antara lain berkendara menggunakan ponsel, pengendara di bawah umur, melebihi muatan, dan tidak menggunakan helm dan sabuk pengaman.

Selain itu, bagi pengendara di bawah pengaruh alkohol, melawan arus jalan, dan kendaraan yang tidak lengkap dokumen.

Ia menjelaskan kegiatan operasi Mansinam berlangsung selama 14 hari mulai 7 - 20 Februari 2023 dengan menyasar segala bentuk pelanggaran dan yang berpotensi menyebabkan kemacetan.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Papua Barat Kombes Pol Raydian Kokrosono mengatakan apel gelar pasukan tersebut juga dilaksanakan di seluruh Polres dan Polresta jajaran Polda Papua Barat.

"Operasi Keselamatan Mansinam 2023 lebih mengedepankan sikap persuasif dan humanis, namun tetap memperhatikan kesalahan fatal seperti pengendara tidak menggunakan helm dan lainnya," kata dia.

Dia menyebut dalam operasi kali ini lebih meningkatkan edukasi kepada masyarakat terkait dengan tertib berlalu lintas, namun juga tetap melakukan penegakan hukum melalui tilang elektronik.

"Saya mengimbau masyarakat agar lebih tertib berlalu lintas karena kecelakaan lalu lintas selalu disebabkan adanya pelanggaran," tandas dia.

Pewarta: Tri Adi Santoso
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023