Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa hukum terjadi di Indonesia, Rabu (8/2), mulai dari TNI-Polri berhasil mengevakuasi 15 tukang bangunan yang sempat disandera KKB hingga Polri melakukan pemetaan daerah rawan Pemilu 2024.

Berikut ini lima berita hukum menarik pilihan ANTARA.

1. TNI-Polri berhasil evakuasi 15 tukang bangunan ke Timika

Tim gabungan TNI-Polri, Rabu (7/2) berhasil mengevakuasi 15 tukang bangunan yang sempat diancam dibunuh oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus di Paro, Kabupaten Nduga.

Dan Satgas Damai Cartenz Kombes Faizal Rahmadani kepada ANTARA, Rabu membenarkan, ke 15 tukang yang membangun puskesmas dan rumah petugas-nya di Paro, sudah dievakuasi dan tiba di Timika.

Selengkapnya baca di sini.

2. Aparat gabungan telusuri hutan Papua cari Pilot Susi Air

Aparat gabungan TNI-Polri menelusuri hutan di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, untuk mencari keberadaan Pilot Pesawat Susi Air Phlip Max Marthin yang hilang kontak sejak peristiwa pembakaran pesawat tersebut, Selasa (7/2).

Hal ini disampaikan Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, terkait perkembangan penanganan peristiwa pembakaran Pesawat Susi Air oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB)

Selengkapnya baca di sini.

3. Pengamat sarankan TNI-Polri tutup bandara perintis di Papua

Pengamat militer dan intelijen Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati menyarankan TNI Polri menutup bandara-bandara perintis di Pegunungan Papua guna mencegah berulangnya aksi gangguan keamanan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) /Kelompok Separatis dan Teroris (KST).

“Ada baiknya, sementara tutup bandara-bandara perintis di Pegunungan yang menjadi sarang KKB/KST,” kata Nuning dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

4. Polri petakan daerah rawan Pemilu 2024

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan Polri melakukan pemetaan daerah rawan saat pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 untuk memastikan pesta demokrasi berjalan aman dan terkendali .

Pemetaan ini menjadi salah satu bahasan dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI Polri Tahun 2023 di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

5. KPK ungkap Paulus Tannos kabur gunakan paspor negara lain

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi mengungkapkan buron kasus dugaan korupsi pengadaan KTP elektronik Paulus Tannos alias Thian Po Tjhin berhasil kabur ke luar negeri setelah mengganti namanya dan menggunakan paspor negara lain.

"Tentu ada paspor yang berubah dari negara lain. Kami tidak bisa sebutkan saat ini negara mana yang menerbitkan paspor dari tersangka KPK yang saat ini jadi DPO (daftar pencarian orang)," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023