Kabupaten Bogor (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rudy Susmanto meminta pihak kecamatan segera memasukkan program prioritas ke Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) saat menutup Reses Masa Sidang II tahun 2022-2023.

Rudy yang merupakan anggota DPRD Kabupaten Bogor asal Daerah Pemilihan (Dapil) I itu di Bogor, Kamis, menjelaskan bahwa Reses Masa Sidang II tahun 2022-2023 digelar di Kecamatan Cibinong pada Senin (6/2), Kecamatan Babakanmadang, Selasa (7/2) dan terakhir di Klapanunggal.

Menurutnya, program yang sudah ada dalam SIPD sebisa mungkin akan diakomodir oleh Badan Anggaran (Banggar) DPRD.

"Kami meminta program prioritas masuk SIPD dulu. Saya harap juga, teman-teman di wilayah proaktif jika program sudah masuk SIPD, nanti pasti disiapkan anggarannya menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah," ujarnya.

Rudy mengungkapkan, salah satu program yang diusulkan Pemerintah Kecamatan Klapanunggal yakni revisi tata ruang kawasan hijau di Desa Ligarmukti. Menurutnya, hal ini penting karena sebagian besar wilayah di desa itu masuk kawasan hijau meski sudah ditinggali ratusan penduduk.

"Sebagian besar tata ruang di wilayah itu kawasan hijau yang sudah ada penduduknya. Ada sekitar 220 Kepala Keluarga (KK). Maka perlu ada revisi tata ruang. Saya pastikan segera terealisasi," kata Rudy.

Di samping itu, ia memastikan bahwa program Bantuan Keuangan (Bankeu) Infrastruktur Desa bertajuk Samisade tetap akan berlanjut pada 2024.

"Saya sudah mendorong agar Pemkab Bogor kembali mengalokasi Samisade meski masa jabatan Bupati Ade Yasin dan Wakil Bupati Iwan Setiawan berakhir pada akhir 2023 ini," ujarnya.

Baca juga: Ketua DPRD Bogor inginkan program Samisade terus dilanjutkan

Baca juga: Ketua DPRD Bogor ingatkan Plt Bupati percepat realisasi kegiatan

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023