Agar bisa menjadi rumah sakit penyangga yang mampu memberikan pelayanan maksimal khususnya bagi yang bekerja di IKN. Bahkan, nanti bisa menjadi rujukan
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan Rumah Sakit (RS) Dr R Hardjanto, Balikpapan, Kalimantan Timur, dapat menjadi rumah sakit penyangga untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Moeldoko dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Kamis, mengatakan ia meninjau RS Dr R Hardjanto untuk memastikan rumah sakit tentara itu dapat menjadi rumah sakit penyangga IKN Nusantara.

Hal itu karena lokasi RS Dr R Hardjanto sangat strategis dengan keberadaan IKN Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara. Karena itu pula Moeldoko menekankan pentingnya optimalisasi alat dan pelayanan kesehatan.

Baca juga: Moeldoko: Pembangunan infrastruktur IKN berjalan sesuai tahapan

“Agar bisa menjadi rumah sakit penyangga yang mampu memberikan pelayanan maksimal khususnya bagi yang bekerja di IKN. Bahkan, nanti bisa menjadi rujukan,” kata Moeldoko.

Ia menyampaikan bahwa pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan bantuan berupa alat kesehatan senilai Rp28 miliar untuk RS Dr Hardjanto.

“Ini bentuk komitmen pemerintah dalam meningkatkan layanan kesehatan di rumah - rumah sakit vertikal,” ujarnya. 

Dalam kesempatan itu Moeldoko juga menyempatkan diri untuk membesuk sejumlah pasien yang dirawat di rumah sakit tersebut. Dia juga memberikan cenderamata kepada keluarga pasien.

“Dari tiga pasien yang saya jenguk tadi semuanya dari daerah di kawasan IKN. Ini semakin membuktikan bahwa rumah sakit ini ke depan bisa menjadi rujukan,” ujar Moeldoko. 

Baca juga: Moeldoko berkumpul dengan wartawan peringati Hari Pers Nasional di IKN

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023