Untuk memenangkan persaingan global mutlak dapat kita raih dengan mempersiapkan SDM, karena itu kita harus mempersiapkan SDM yang handal melalui program ini
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Ma'ruf Amin meresmikan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di Yayasan Pondok Pesantren Manhalul Ma'arif Desa Darek, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Untuk memenangkan persaingan global mutlak dapat kita raih dengan mempersiapkan SDM, karena itu kita harus mempersiapkan SDM yang handal melalui program ini," katanya saat meresmikan BLK Komunitas tersebut di Praya, Jumat.

Ia mengatakan dalam kurun waktu yang tidak lama lagi Indonesia akan menyongsong bonus demografi, dengan usia produktif atau angkatan kerja yang jumlahnya mendominasi. Kondisi ini, lanjutnya, harus disambut dan sikapi sebagai peluang besar untuk melakukan berbagai akselerasi.

"Jika kita tidak memanfaatkan dengan baik, maka mustahil kemajuan akan bisa terlaksana," kata Wapres Ma'ruf Amin.

Baca juga: Wapres: Arahkan BLK Komunitas di daerah titik kemiskinan ekstrem

Ia mengatakan bonus demografi pada usia produktif akan menjadi berkah jika penduduk produktif dapat diserap dengan baik. Jika tidak, kata dia, akan menjadi musibah bila tidak didukung dengan SDM yang baik.

Untuk itu, lanjut Wapres, pemerintah terus mengupayakan berbagai strategi guna memastikan SDM Indonesia memiliki kualitas dan kapabilitas beradaptasi dengan segala perubahan dan instruksi yang diikuti, salah satunya melalui Balai Latihan Kerja Komunitas.

"Ini salah satu upaya pemerintah meningkatkan SDM," kata Wapres Ma'ruf Amin.

Perluasan pendirian BLK komunitas yang menjangkau seluruh pelosok Tanah Air tentu akan mempermudah kelompok usia angkatan kerja dalam mengakses pelatihan kerja. Selain untuk menekan angka pengangguran, BLK diharapkan mampu menciptakan pekerja terampil dan berdaya saing.

"Ini untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat," ujar Wapres Ma'ruf Amin.

Baca juga: Kemnaker dorong peningkatan kompetensi pekerja perempuan lewat BLK
Baca juga: Kemnaker: Pembahasan BLK Komunitas untuk dorong akses masyarakat desa

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023