sebagai upaya pembinaan terhadap masyarakat
Jakarta (ANTARA) -
Petugas Tim Penertiban Terpadu Provinsi DKI Jakarta menjaring sedikitnya 71 orang Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) dalam operasi penjangkauan mereka secara serentak di lima wilayah kota.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat, mengatakan operasi penjangkauan PPKS itu dilakukan pada Kamis (9/2) oleh tim gabungan terdiri dari Satpol PP DKI Jakarta dan dibantu Dinas Sosial, TNI/Polri, dan unsur pemerintah kota/kecamatan/kelurahan.

"Hasil penjangkauan PPKS antara lain manusia silver, manusia kostum/badut, manusia gerobak, pengemis, pengamen dan pak ogah, yang dalam operasi tersebut diserahkan ke panti sosial untuk pendataan dan pembinaan lebih lanjut," katanya.

Arifin menjelaskan bahwa operasi ini berdasarkan pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum, yang mengamanatkan Satpol PP Provinsi DKI Jakarta bertugas untuk mengawasi ketertiban umum di Jakarta.

Baca juga: Satpol PP Jaktim jaring 19 PPKS saat razia di Matraman dan Pulogadung

Adapun operasi kali ini, tim gabungan melancarkan operasi di beberapa titik ibu kota seperti Jl Gunung Sahari, Jl Letjen Suprapto, Jl Latuharhari, Jl Kramat Raya, Kawasan Danau Sunter, Jl Boulevard Raya Kelapa Gading, Jl Hayam Wuruk, Jl Jembatan Lima, Jl Dr Soepomo Tebet, Jl Abdullah Syafei, Jl I Gusti Ngurah Rai, Jl Matraman Raya dan Jl Pemuda.

Tujuan penjangkauan ini, kata Arifin, bertujuan untuk mewujudkan ketertiban dan kenyamanan di Jakarta, khususnya pada fasilitas-fasilitas umum.

"Hal ini juga sebagai upaya pembinaan terhadap masyarakat yang memerlukan pelayanan urusan kesejahteraan sosial," ujarnya.

Ke depannya, kata Arifin, tim gabungan ini akan secara rutin melakukan operasi penjangkauan di wilayah Jakarta, agar kota ini tetap nyaman untuk warganya.

Baca juga: Sudinsos Jaksel bantu ODGJ miliki beragam keterampilan melalui UILS

"Kami juga mengimbau kepada warga, agar turut bersama-sama menjaga ketertiban umum di Jakarta, dengan mematuhi peraturan yang ada. Karena dalam menjaga kenyamanan Jakarta, diperlukan kerja sama semua pihak, termasuk warga," katanya. 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023