Kita harapkan warga bisa bergabung karena kita sediakan banyak cabang pelatihan
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Nakertransgi) Jakarta Barat menggelar program pelatihan kerja 2023 sebagai upaya menekan angka pengangguran di wilayahnya.

"Kita harapkan warga bisa bergabung karena kita sediakan banyak cabang pelatihan," kata Kepala Sudin Nakertransgi, Jackson Sitorus di Jakarta, Jumat.

Jackson menjelaskan cabang pelatihan yang tersedia untuk tahun ini yakni pengemudi mobil, petugas sekuriti, hingga servis AC.

Dalam program pelatihan ini, Sudin Nakertransgi menyediakan kuota 800 peserta untuk pelatihan servis AC, 800 orang untuk pelatihan menjadi satpam, dan 1.300 orang untuk pelatihan mengemudi.

Tidak hanya itu, pihaknya juga membuka kesempatan warga untuk mengikuti pelatihan kewirausahaan di bidang kuliner hingga kerajinan tangan.

Program pelatihan kerja tersebut akan berlangsung Maret hingga akhir 2023. Warga yang ingin mendaftar bisa menghubungi petugas pendamping dari Sudin Nakertransgi di setiap kecamatan dan kelurahan.

Mereka yang mendaftar terlebih dahulu akan diseleksi untuk memastikan program pelatihan kerja ini tepat sasaran yakni warga yang benar-benar membutuhkan pekerjaan.

"Minimal dia memiliki KTP DKI dan memang dari keluarga kelas menengah ke bawah," kata dia.

Setelah proses seleksi, para peserta akan mengikuti proses pelatihan yang digelar secara bertahap.

Mereka akan dilatih secara teori dan praktik demi menjadi tenaga profesional.

"Tidak hanya dilatih, kami juga akan memberikan bantuan penempatan kerja di beberapa perusahaan di wilayah Jakarta Barat," kata Jackson.

Bagi yang ingin berwirausaha, Sudin Nakertransgi akan memberikan tahapan pelatihan berupa praktik membuat produk, promosi, pembuatan sertifikat produk, hingga membantu permodalan.

"Kita salurkan kepada bank yang bersedia memberikan modal usaha," kata dia.

Dengan upaya tersebut, dia berharap warga Jakarta Barat tidak hanya mendapatkan pekerjaan melainkan dapat membuka lapangan pekerjaan baru sebagai pengusaha.

"Untuk jadwal program pelatihan bisa dilihat di media sosial Instagram kita di @Sudinakertransgijakbar," jelas dia.
Baca juga: Pemkot Jakut dan KCN sinergi latih keterampilan warga Rawa Malang
Baca juga: Pelatihan Kerja Jakbar gelar 12 bidang kejuruan untuk gelombang I 2023
Baca juga: Pemkot ajak ratusan perempuan ikut pelatihan tata rias pada 2023

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023