Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kota Sabang menggelar penggalangan dana untuk korban gempa bumi di Turki dan Suriah, dan langsung menyediakan rekening khusus guna memudahkan masyarakat yang ingin donasi.

"Kami turut berduka atas gempa yang terjadi kepada saudara, dan hari ini, Pemkot Sabang bersama Forkopimda dan masyarakat Sabang mulai menggalang bantuan untuk membantu warga Turki dan Suriah,” kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi di Kota Sabang, Jumat,.

Penggalangan donasi itu sesuai dengan surat edaran Wali Kota Sabang, berdasarkan instruksi Pj Gubernur Aceh. Dalam surat edaran itu disampaikan, seluruh elemen masyarakat dapat donasi melalui Bank Aceh Syariah atas nama Donasi Gempa Turki Sabang, dengan nomor rekening 11002249999999.

Penggalangan dana tersebut dimulai saat rangkai senam bersama seluruh aparatur sipil negara di lingkungan Pemkot Sabang dan seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sabang.

Baca juga: Menilik gambar satelit tunjukkan skala kehancuran gempa bumi Turki

Baca juga: Shalat ghaib digelar warga Aceh doakan bagi korban gempa Turki


“Ini sebagai bentuk kepedulian kita bersama untuk meringankan sedikit beban saudara kita yang tertimpa musibah gempa," ujarnya.

Reza menambahkan, saat musibah gempa dan tsunami Aceh pada 26 Desember 2004 silam, Turki telah ikut berperan dalam membantu rehabilitasi dan rekonstruksi Aceh pasca bencana yang menelan korban ratusan ribu masyarakat Aceh itu.

Sebab itu, dia mengimbau seluruh masyarakat agar ikut membantu. Setelah donasi serta bantuan terkumpul, Pj Wali Kota Sabang akan menyerahkannya kepada Pemerintah Provinsi Aceh untuk disalurkan ke Turki dan Suriah.

"Mari kita bersama-sama membantu meringankan korban musibah gempa yang dialami masyarakat Turki dan Suriah," ujar Reza.

Gempa dahsyat bermagnitudo 7,7 mengguncang Provinsi Kahramanmaras di Turki selatan pada Senin (6/2) pukul 04.17 waktu setempat, yang kemudian disusul oleh gempa bermagnitudo 6,4 beberapa menit setelahnya di Provinsi Gaziantep, Turki selatan.

Selanjutnya, Provinsi Kahramanmaras, Turki kembali diguncang gempa bermagnitudo 7,6 pada pukul 13.24 waktu setempat.

Data sementara hingga saat ini, sebanyak 17.674 orang meninggal dunia dan 72.879 orang luka-luka di Turki.*

Baca juga: Masyarakat Kalsel gelar Shalat Gaib untuk korban gempa Turki-Suriah

Baca juga: PMI kirim tim medis ke Turki bantu korban gempa

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023