London (ANTARA) - Sebuah masjid di London berhasil menggalang dana 60 ribu pound (sekitar satu miliar rupiah) pada Jumat (10/2) untuk membantu korban gempa di Turki dan Suriah.

Masjid East London, salah satu yang terbesar di Inggris, bermitra dengan Islamic Relief, Diyanet Inggris, dan mitra amal lain di Inggris, telah bekerja untuk mengulurkan tangan membantu mereka yang terkena dampak gempa dahsyat.

“Pengumpulan dana dilakukan setelah shalat Jumat bersama Islamic Relief setelah mendengarkan permohonan dari Direktur Islamic Relief Tufail Hussain," menurut keterangan masjid. 

Masjid  bahwa Duta Besar Turki untuk Inggris Umit Yalcin, mengirimkan pesan dukungan yang dibacakan saat shalat Jumat.

“Saya tersentuh oleh belas kasihan para saudari dan saudara kami di Inggris, terutama dari Masjid London Timur, untuk mengumpulkan donasi bantuan korban gempa yang baru-baru ini terjadi,” kata Yalcin.

Masjid East London juga mengatakan akan terus menggalang dana bagi korban gempa selama minggu-minggu ke depan untuk memastikan bantuan vital sampai kepada mereka yang membutuhkan.

Lebih dari 20 ribu orang meninggal dunia dan lebih dari 80 ribu terluka akibat dua gempa dahsyat yang mengguncang wilayah Turki selatan  pada Senin (6/2), menurut data terakhir.

Gempa berkekuatan magnitudo 7,7 dan 7,6 yang berpusat di Provinsi Kahramanmaras, itu berdampak pada 13 juta jiwa di 10 provinsi Turki, termasuk Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay, Kilis, Malatya, Osmaniye, dan Sanliurfa.

Negara tetangga Turki, Suriah, juga mengalami dampak gempa itu dan jumlah korban jiwa telah mencapai 3.300 serta lebih dari 5.200 lainnya terluka.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Turki berencana buka perbatasan dengan Suriah untuk distribusi bantuan

Baca juga: Turki berpacu dengan waktu selamatkan korban gempa


 

PMI serahkan bantuan 100.000 dolar AS untuk korban gempa Turki

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2023