Jakarta (ANTARA) - Delegasi Universitas Indonesia (UI) bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) berkunjung ke University of Melbourne pada 8-12 Februari 2023 untuk memperkuat kolaborasi dalam bidang penelitian.

Kunjungan tersebut sebagai tindak lanjut kerangka kerja sama Partnership in Research Indonesia and Melbourne (PRIME) antara Pemerintah Indonesia dan University of Melbourne yang diinisiasi pada 31 Maret 2021 lalu.

Delegasi UI yang hadir dalam kunjungan tersebut yakni Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Abdul Haris, Dekan Fakultas Teknik Heri Hermansyah. Universitas Indonesia hadir sebagai perwakilan aliansi riset Indonesia, demikian keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Sementara itu, perwakilan Kemdikbudristek adalah Dirjen DIKTI Nizam dan Direktur SDM Kemdikbudristek Mohammad Sofwan Effendi. Dalam kunjungan ini, kerangka PRIME diperluas dengan menambahkan kluster PRIME Engineering and Science.

Baca juga: Dekan FIA UI: SDM kunci kemajuan sektor asuransi dan industri keuangan

Baca juga: Ajak industri kerjasama, FTUI kembangkan alat uji halal produk makanan


"Kami yakin, global engagement melalui kolaborasi riset dan kerja sama akademik berdampak signifikan dalam meningkatkan mutu dan jumlah publikasi dan sitasi, serta efektif untuk membuat UI direkognisi oleh komunitas ilmiah dunia," ujar Abdul Haris.

Dalam perjalanan lima hari tersebut, UI dan DIKTI juga menyempatkan diri untuk bertemu dan berdiskusi dengan para mitra strategis seperti Monash University, Deakin University, Swinburne University, dan pimpinan Times Higher Education Asia Pacific.

UI dan University of Melbourne sebelumnya telah bekerja sama dalam program Partnership in Research Indonesia and Melbourne (PRIME) di bidang kesehatan. Program yang berhasil dijalankan UI dan University of Melbourne ini merupakan riset bertema, Health System and Policy in Maternal, Child, and Adolescent Health during Covid-19 Pandemic.*

Baca juga: Peneliti UI: Pengelolaan fertilitas cegah penurunan angka kelahiran

Baca juga: Mahasiswa Queensland belajar membatik dan gamelan di UI

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023