Trenggalek, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur menggelar "ASN Idol", semacam ajang pencarian bakat khusus bagi aparatur sipil negara untuk pengisian jabatan yang sesuai kapasitas dan keahlian.

"Ini tadi kita sosialisasi ASN Idol kepada 128 peserta. Baik jajaran fungsional maupun struktural yang memungkinkan untuk mengikuti seleksi jabatan terbuka (JPT). Ini dimaksudkan untuk memberikan ruang agar gagasan-gagasan organisasi perangkat daerah (OPD) bisa dilihat oleh publik," kata Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin di Trenggalek, Minggu.

Melalui ajang ASN Idol ini, Arifin atau Mas Ipin berharap akan terlahir pimpinan berkualitas sesuai dengan harapan masyarakat.

Konsep dari model penjaringan ini adalah dengan menawarkan inovasi dan gagasan program layanan dan pembangunan,  kemudian diunggah di media sosial.

"Ini nantinya mereka akan memilih subtema, mengirim video ke alamat google drive panitia seleksi, kemudian videonya kita akan sebarkan ke publik agar masyarakat bisa memberikan komentar atau like (tanda jempol/suka)," ujarnya.

Bagi yang mendapatkan komentar terbanyak atau like terbanyak, kata dia, akan dipertimbangkan untuk bisa dikerucutkan menjadi 'grand final' yang akan diselenggarakan pada 21-23 Februari 2023, sebelum para finalis akan mendapatkan tiket untuk mencalonkan diri pada seleksi jabatan terbuka.

"Nanti akan dilihat konfigurasinya seperti apa, karena ada yang pensiun dan lain sebagainya. Yang penting mereka memilihnya berdasarkan subtema, buka berdasar struktur yang akan di isi," ujar mas Ipin.

Ia berharap dengan adanya ASN Idol ini bakal bisa muncul ASN yang berkualitas, dengan begitu gagasan mereka yang mungkin belum tertampung atau tidak tertampung karena selama ini dirinya hanya mendengar dari kepala dinas atau kabid kabid tertentu, sekarang semuanya dapat berbicara terhadap isu-isu tertentu.

"Kemudian yang paling masuk akal dan solutif nanti kita pilih," ujar Arifin.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Trenggalek, Eko Junjati menambahkan, secara teknis, ada tampilan yang sudah buat peserta ASN Idol.

 "Jadi sejak tanggal 10 Februari, peserta yang sudah punya ide dan gagasan yang sudah dituangkan dalam ketentuan yang berlaku bisa dikirim ke kami," kata Eko.

Selanjutnya, tim BKD akan menyiapkan penyimpanan data google drive untuk disampaikan terkait sub-sub tema yang bisa dipilih oleh peserta.

Video yang terkumpul selanjutnya akan diunggah secara bersamaan oleh BKD Trenggalek pada 15 Februari pukul 15.00 WIB. Setelah itu, masyarakat bisa melihat dan menilai dari gagasan para peserta ASN Idol.

"Seperti yang disampaikan oleh Bapak Bupati, kita ingin menggali potensi yang dimiliki oleh teman-teman ASN. Sebenarnya ini kita sudah mulai sejak proses asesmen kemarin," kata Eko.
 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023