Kemenkumham juga mengawal jalannya perkara Bank Century yang sedang berjalan di wilayah yurisdiksi Hong Kong.
Jakarta (ANTARA) -
Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) Kementerian Hukum dan HAM Cahyo R. Muzhar menyatakan Pemerintah optimistis putusan perkara kasus Bank Century yang tengah bergulir di pengadilan Inggris akan menguntungkan Indonesia.
 
"Mengamati pandangan majelis hakim, kami optimistis keputusan akhir nanti akan menguntungkan Indonesia sehingga kita dapat membawa pulang aset dan menyerahkan kepada negara," kata Cahyo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.
 
Hal tersebut, kata dia, sejalan dengan pandangan yang disampaikan majelis hakim dalam persidangan The Judicial Committee of The Privy Council (JCPC) di Inggris pada tanggal 8 dan 9 Februari 2023.
 
Salah satu hal yang disampaikan oleh majelis hakim dalam sidang pada tanggal 8 Februari 2023 adalah mereka memandang perampasan yang pemerintah Indonesia ajukan terhadap aset milik terpidana Robert Tantular dalam kasus itu memungkinkan untuk dilakukan dan tidak melanggar ketentuan hukum internasional.
 
"Hal ini memberikan harapan bagi Indonesia," ucap Cahyo.
 
Sebelumnya, tim kuasa hukum Robert Tantular berpandangan bahwa berdasarkan hukum Inggris dan sejumlah konvensi internasional, pemerintah Jersey tidak berwenang untuk menyita properti yang berada di luar yurisdiksi Inggris. Properti yang dimaksud adalah sebuah apartemen di Singapura dan dimiliki oleh perusahaan Robert Tantular yang terdaftar di Jersey, Inggris.
 
Berikutnya, pada persidangan 9 Februari 2023, pihak The Attorney General of Jersey sebagai wakil pemerintah Indonesia dalam persidangan itu berkesempatan menyampaikan argumentasi dengan menekankan bahwa perampasan aset milik keluarga Tantular yang berlokasi di Singapura mungkin untuk dilakukan. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan dalam Proceeds of Crime (Enforcement of Confiscation Orders).
 
Sampai saat ini, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) terus berkomitmen untuk mengawal penyelesaian kasus Bank Century, salah satunya dengan menghadiri persidangan di Inggris itu. Keputusan akhir perkara tersebut diperkirakan terbit sekitar 2 bulan mendatang.
 
Di samping persidangan di Inggris, Kemenkumham juga mengawal jalannya perkara Bank Century yang sedang berjalan di wilayah yurisdiksi Hong Kong dan sedang menunggu terbitnya jadwal sidang.

Baca juga: Kejagung tangkap buronan kasus Bank Century
Baca juga: KPK telah minta keterangan 36 orang terkait kasus Bank Century

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023