Kupang, NTT (ANTARA) - Kapal pesiar Star Breeze berbendera Bahama dengan membawa 135 penumpang tiba di Pelabuhan Tenau Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, setelah menempuh pelayaran dari Selandia Baru.

Kapten Kapal Star Breeze Chris Dodds, yang ditemui di atas kapal di Pelabuhan Tenau Kupang, NTT, Senin mengatakan bahwa penumpang yang dibawanya itu merupakan wisatawan mancanegara dan juga domestik.

"Dari jumlah 135 wisatawan yang berwisata dengan kapal ini, ada beberapa juga yang berasal dari Indonesia," kata dia.

Chris mengatakan kapal wisata yang dibawanya itu bisa menampung 310 wisatawan, namun saat ini jumlah yang dibawanya di bawah itu.

Kapal, yang tiba di perairan Kupang pada pukul 06.00 WITA, sandar pukul 06.45 WITA setelah disetujui otoritas terkait seperti karantina dan bea cukai.

Ia menambahkan jumlah kru kapal lebih banyak dari penumpang yang naik ke kapal itu.

"Jumlah kru justru lebih banyak, ada 195 orang, dengan 50 berkewarganegaraan Indonesia," ujar dia.

Chris yang berkewarganegaraan Inggris itu menambahkan bahwa wisatawan mancanegara itu berasal dari Amerika, Inggris, Selandia Baru, Australia, Singapura, dan negara lainnya.

Kapal wisata itu, ujar dia, akan berada di Kupang sampai Selasa (14/2/2023) dan akan bertolak ke kawasan wisata yang lain di Indonesia.

Dia menambahkan pada Selasa (14/2/2023), kapal akan bertolak ke kawasan Taman Nasional (TN) Komodo untuk mengajak wisatawan melihat langsung Pulau Komodo dan keindahan di daerah itu.

Mark, wisatawan asal Amerika Serikat, mengatakan dirinya pertama kali menginjakkan kakinya di Kupang.

"Saya dengar NTT punya banyak kawasan wisata yang menarik khususnya bawah lautnya. Saya bawa juga dengan alat renang saya agar bisa melihat kawasan bawah laut," ujar dia.

Ia pun mengaku telah menyewa rute trip ke Kupang, Pulau Komodo, dan terakhir akan turun di Bali. Dia akan kembali ke negaranya melalui Bali bersama istrinya.

Baca juga: Kunjungan kapal pesiar ke Sabang jadi denyut positif geliat Parekraf
Baca juga: Wisman dari kapal pesiar Prancis kunjungi Kota Probolinggo
Baca juga: 600 turis asing penumpang kapal pesiar berwisata dan belanja di Lombok

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023