Denpasar (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan nelayan, pelaku kegiatan usaha bahari, dan mereka yang beraktivitas di pesisir agar mewaspadai tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di Bali pada 14–16 Februari.

Dalam informasi prakiraan cuaca di Denpasar, Selasa, BMKG memperkirakan selama 3 hari ke depan tinggi gelombang laut di perairan utara Bali 0,25–1,5 meter, perairan selatan Bali 1–4 meter, Selat Bali 1–3,5 meter, dan Selat Lombok 1–3,5 meter.

BMKG juga memperingatkan gelombang laut tinggi di sejumlah tempat wisata pada 15–16 Februari, di antaranya di Nusa Dua yang tinggi gelombang lautnya dapat mencapai 0,5–3 meter, perairan sekitar Pantai Kuta 0,5–2,5 meter, Tanah Lot 0,5–2,5 meter, dan di perairan sekitar Pantai Sanur 0,5–1,25 meter.

“Himbauan BMKG kepada masyarakat, antara lain masyarakat umum, nelayan, dan pelaku kegiatan wisata bahari agar mewaspadai potensi tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di sekitar perairan selatan Bali,” kata Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho di Denpasar, Selasa.

Baca juga: BMKG: Angin kencang dan gelombang tinggi di Bali sampai 15 Februari

Baca juga: BMKG: Waspada hujan petir dan angin kencang di Bali sampai 7 Februari


Dalam informasi prakiraan cuaca yang sama, BMKG juga mengingatkan potensi angin kencang dan hujan ringan sampai dengan hujan lebat di sebagian besar wilayah Bali dalam 3 hari ke depan.

“Cuaca secara umum berpotensi hujan ringan sampai dengan hujan lebat di sebagian besar wilayah Bali. Angin umumnya bertiup dari arah barat ke barat laut dengan kecepatan berkisar 4–40 kilometer per jam,” kata Cahyo.

Oleh karena itu, BMKG mengimbau masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat timbul akibat cuaca ekstrem seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan kilat/petir.

Beberapa wilayah yang diprediksi turun hujan sedang sampai dengan hujan lebat disertai kilat/petir pada 15–16 Februari, yaitu di Buleleng, Karangasem, Bangli, Jembrana, Gianyar, Badung, Denpasar, Klungkung, dan Tabanan.

Sementara di beberapa tempat wisata, BMKG memprediksi hujan berintensitas ringan hingga sedang turun di Nusa Dua, Kuta, Tanah Lot, Sanur, Ubud, Bedugul, Kintamani, dan Besakih, umumnya pada siang hari pada 15–16 Februari.*

Baca juga: BMKG: Waspada dampak hujan dan angin kencang di Bali sampai 30 Januari

Baca juga: BMKG: Waspadai angin kencang dan gelombang tinggi di Bali

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023