Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Simeulue, Aceh, menyiapkan 15 lokasi di sepuluh kecamatan di kabupaten kepulauan tersebut sebagai tempat pemberian imunisasi polio tahap dua.

"Lokasi imunisasi polio tahap dua tersebar di 15 titik di sepuluh kecamatan di Kabupaten Simeulue," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue Hanafi Lubis di Simeulue, Selasa.

Hanafi Lubis mengatakan sasaran pemberian imunisasi polio tahap dua di Simeulue sebanyak 20.386 anak, sedangkan capaiannya sebanyak 3.508 anak atau 14,6 persen.

"Hingga saat ini, laporan yang masuk sebanyak 3.508 anak sudah diberikan imunisasi polio tahap dua. Kami berupaya capaian imunisasi polio ini bisa 100 persen," katanya.

Baca juga: Banda Aceh sasar 49.428 anak untuk jalani Sub PIN polio putaran kedua

Adapun lokasi pemberian imunisasi polio tersebut baik di puskesmas maupun posyandu termasuk pos khusus imunisasi di tiga titik, yakni Pos Luan Balu, Pos Simeulue Barat, dan Pos Sanggiran.

Sedangkan lokasi lainnya di Kecamatan Teupah Selatan, Teupah Tengah, Simeulue Timur, Kuala Makmur, Teupah Barat, Simeulue Tengah, Simeulue Cut, Teluk Dalam, Salang, Alafan, Lamerem, dan Alus-Alus.

"Kami terus memantau pelaksanaan imunisasi di belasan titik tersebut. Kami juga mengajak orang tua membawa anaknya untuk mendapatkan imunisasi polio," katanya.

Baca juga: Kemenkes: Imunisasi Polio di Aceh dibagi tiga tahap

Hanafi Lubis mengatakan pemberian imunisasi polio ini dilakukan dengan cara ditetes. Jadi, orang tua tidak perlu khawatir mengikutsertakan anaknya dalam program imunisasi polio.

"Kami berharap semua anak di Simeulue ini mendapatkan imunisasi tersebut. Imunisasi ini merupakan upaya pemerintah mencegah penularan polio di Kabupaten Simeulue," katanya.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Baca juga: Pj. Gubernur Aceh ajak bupati/wali kota serius sukseskan PIN Polio

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 94 ribuan jiwa.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023