Buleleng (ANTARA) - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Provinsi Bali, menerima sebanyak 5.100 mahasiswa baru pada tahun akademik 2023/2024.

"Untuk pelaksanaan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 diselenggarakan oleh Tim SNPMB Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui tiga jalur, yaitu jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerja Sama Undiksha Prof Dr Gede Rasben Dantes, di Kabupaten Buleleng, Selasa.

Menurut dia, ketiga jalur seleksi tersebut memiliki kuota atau daya tampung yang berbeda. Jalur SNBP sebesar 20 persen, SNBT sebesar 50 persen, dan Seleksi Mandiri sebesar 30 persen dari daya tampung keseluruhan.

"Untuk pendaftaran SNBP dilaksanakan pada 14 sampai 28 Februari 2023. Semoga ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para calon mahasiswa," ujar dia.

Baca juga: Undiksha lepas mahasiswa Praktik Lapangan Persekolahan ke luar negeri

Selain program diploma dan sarjana, Undiksha juga membuka penerimaan mahasiswa program pascasarjana. Sebagai kampus terakreditasi A, Undiksha menawarkan berbagai program studi, baik kependidikan maupun non-kependidikan. Beberapa prodi juga ada yang baru dibuka, di antaranya S1 Keperawatan, S1 Kebidanan, dan S1 Fisika.

Selain itu, juga program D4 Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional, D4 Akuntansi Sektor Publik, D4 Pengelolaan Perhotelan, D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak, D4 Teknologi Rekayasa Penginderaan Jauh, D4 Kimia Terapan, D4 Bioteknologi Perikanan, dan D4 Teknologi Rekayasa Sistem Elektronika.

Gede Rasben Dantes menjelaskan penerimaan mahasiswa baru yang skemanya berbeda pada tahun ini, Undiksha mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri.

Baca juga: Undiksha Singaraja latih mahasiswa kesiapsiagaan hadapi bencana

"Mengenai informasi lebih detail dan teknis mengenai penerimaan mahasiswa Undiksha dapat diakses melalui website www.undiksha.ac.id dan https://undiksha.ac.id/pmb," kata dia.

Lebih lanjut Rasben Dantes menyampaikan bahwa Undiksha berkomitmen mendukung pemerintah dalam peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi.

Oleh karena itu, perguruan tinggi di bentangan Bali Utara ini menawarkan biaya pendidikan yang merakyat. Selain itu, juga ada sejumlah beasiswa, baik dari pemerintah maupun pihak swasta.

Baca juga: Undiksha Singaraja fokus penguatan mutu pada 2024

"Uang Kuliah Tunggal (UKT) Undiksha dirancang untuk bisa dijangkau oleh berbagai lapisan masyarakat. Kami berharap anak-anak muda yang memiliki potensi akademik untuk tetap bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi," kata dia.

Pewarta: IMBA Purnomo/Naufal Fikri Yusuf
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023