Kantor Indonesia di luar negeri adalah cermin sebagai warga Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan kantor perwakilan luar negeri harus menjaga nama baik Indonesia.

“Kantor Indonesia di luar negeri adalah cermin sebagai warga Indonesia," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Puan menyampaikan hal itu saat berkunjung ke kantor Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat, Senin (13/2).

Dalam kunjungan itu, Puan pun mengingatkan mulai tahun 2023 ini Indonesia sudah menghadapi tahun politik jelang Pemilu serentak 2024.

"Untuk itu peranserta PTRI, KBRI, dan Konjen RI dibutuhkan dalam mengupayakan kondusivitas masyarakat di luar negeri saat Pemilu," pesannya.

Puan mengajak semua elemen bangsa bekerja maksimal agar tercipta suasana damai, kondusif, dan demokratis, termasuk kantor-kantor perwakilan Indonesia di luar negeri.

“Diharapkan tahun politik ini tidak menyebabkan polarisasi di masyarakat. Persaingan antarpartai politik tidak perlu menjadi suasana tidak nyaman bahkan terbelah di tingkat masyarakat,” katanya.

Puan berharap pesan tersebut dapat menjadi refleksi bersama dalam upaya memajukan kesejahteraan rakyat Indonesia.

“Semoga kedatangan saya dan delegasi dapat menambah semangat rekan-rekan untuk terus menjalankan tugas dan memperjuangkan kepentingan nasional Indonesia,” katanya.
Baca juga: Ketua DPR bertemu Presiden Majelis Umum PBB bahas isu air
Baca juga: Puan ajak insan pers utamakan jurnalisme sehat

 

Pewarta: Fauzi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023