Ratusan anak muda Papua itu akan dibimbing selama tujuh hari
Jakarta (ANTARA) - Papua Muda Inspiratif memberikan bimbingan belajar untuk para anak muda Papua yang ingin masuk sekolah kedinasan.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, Koordinator Umum PMI Billy Mambrasar mengatakan salah satu cara bimbingan belajar melalui aplikasi Manajemen Talenta Nusantara (MTN).

Menurut dia, aplikasi yang dikembangkan oleh Papua Muda inspiratif itu dapat memberikan akses modul-modul pembelajaran untuk anak-anak Papua dalam mempersiapkan diri untuk tes masuk sekolah kedinasan.

“Kami bikin simulasi tes itu sama persis dengan tes nyata, seperti yang akan mereka hadapi nanti pada saat mereka mengisi soal kedinasan. Tes wawasan kebangsaan, tes bakat potensial hingga psikologi," kata Billy.

Kegiatan bimbingan belajar untuk masuk sekolah kedinasan diikuti 128 anak muda Papua di gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) Jayapura, Papua.

Billy menuturkan setelah pre test dilakukan, ratusan anak muda Papua itu akan dibimbing selama tujuh hari untuk diberikan pembekalan bagaimana cara menyelesaikan soal-soal test kedinasan. Setelahnya, akan ada post test untuk membandingkan nilai mereka sebelum dan setelah bimbingan belajar kedinasan.

"Dengan adanya pre test bimbingan kedinasan ini, diharapkan Anak-anak papua mendapat bekal untuk persiapan mengikuti tes kedinasan, sehingga mereka dapat masuk sekolah kedinasan sesuai dengan minat mereka," jelas stafsus Presiden Jokowi tersebut.

Billy mengatakan PMI bekerjasama dengan komunitas ruang kedinasan Jayapura mengadakan kegiatan bimbingan belajar tersebut.

Sekolah kedinasan di antaranya Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) hingga Politeknik Keuangan Negara STAN.

Salah satu peserta, Fedelia mengaku senang dapat ikut pembelajaran ini karena bisa menambah ilmu pengetahuan dan mempunyai gambaran untuk mengikuti seleksi masuk sekolah kedinasan.

“Semoga dengan bimbel ini bisa bermanfaat untuk ikut tes sekolah kedinasan pada saat nanti dibuka pendaftarannya," harapnya.
Baca juga: Anak muda Papua Barat antusias sambut rencana pembangunan gedung PYCH
Baca juga: Di Ciloto anak muda Papua itu digembleng

Pewarta: Fauzi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023