Ketika anak muda bergerak dan berkontribusi lewat ide-ide kreatifnya, maka pembangunan akan berjalan
Jakarta (ANTARA) - Anak muda di Papua Barat menyambut antusias rencana pemerintah membangun gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat.

Koordinator Papua Muda Inspiratif (PMI) Provinsi Papua Barat Simon Tabuni mengatakan gedung PYCH di Manokwari akan menjadi wadah bagi anak muda untuk mengembangkan diri, minat dan bakat sehingga bisa ikut memajukan tanah Papua.

"PMI berterimakasih kepada Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN Budi Gunawan, atas rencana pembangunan gedung PYCH tersebut," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Pembangunan gedung PYCH di Kabupaten Manokwari merupakan arahan, gagasan dan dukungan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dan Kepala BIN Jenderal Pol (Purn), Budi Gunawan, yang kemudian ditindaklanjuti oleh Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN Made Kartikajaya.

Gedung itu nantinya akan dimanfaatkan oleh PMI dalam menjalankan program kerjanya untuk membantu mempercepat kesejahteraan masyarakat di Tanah Papua. PMI nantinya akan berkolaborasi, mengembangkan diri dan terus menjadi motor pengembangan SDM muda di Bumi Cendrawasih tersebut.

Simon menyampaikan itu saat mendampingi Made Kartikajaya meninjau lahan yang rencananya akan dibangun gedung PYCH, di eks-Badiklat Kabupaten Manokwari, Jl. Lembah Hijau, Wosi Dalam, Distik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari.

"Ketika anak muda bergerak dan berkontribusi lewat ide-ide kreatifnya, maka pembangunan akan berjalan," kata alumni program magister di University of London tersebut.

Made Kartikajaya dan pengurus PMI turut melakukan pertemuan dengan Bupati Manokwari Hermus Indou di sebuah cafe kawasan Pasir Putih, Kecamatan Manokwari Timur.

Hermus mengatakan pihaknya mendukung penuh adanya pembangunan gedung PYCH di Kabupaten Manokwari. Menurutnya, keberadaan gedung itu bisa meningkatkan kualitas dan partisipasi pemuda dalam penyelenggaraan pemerintahan, serta pembangunan di Indonesia, khususnya di Papua Barat.

Hermus mengungkapkan Pemda Manokwari akan menghibahkan tanah seluas 27.761 meter persegi atau 2,7 hektare kepada BIN, untuk pembangunan gedung PYCH. Adapun lokasi tanahnya di eks-Badiklat Kab Manokwari, Jl. Lembah Hijau, Wosi Dalam, Distik Manokwari Barat, Manokwari.

Dia menjelaskan saat ini lahan itu masih dalam proses administrasi pembuatan sertifikat di BPN, lalu akan dihibahkan untuk pembangunan gedung PYCH di Manokwari kepada BIN.
Baca juga: Survei sebut anak muda Papua puas kinerja pemerintahan Jokowi
Baca juga: Di Ciloto anak muda Papua itu digembleng

Pewarta: Fauzi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023