Berlin (ANTARA) - Serikat pekerja Jerman Ver.di telah mengumumkan akan melakukan aksi mogok di bandara-bandara tersibuk di negara tersebut pada Jumat di tengah perselisihan tentang upah dan kondisi kerja.

Dalam sebuah pernyataan di situs webnya pada Rabu, Ver.di mengatakan pemogokan satu hari akan dilakukan oleh staf bandara, layanan publik, dan petugas keamanan penerbangan dari Jumat dini hari sampai malam hari.

Anggota Ver.di bekerja di tujuh bandara, termasuk bandara tersibuk di Jerman, Bandara Frankfurt, akan berhenti melakukan tugasnya pada Jumat, menurut pernyataan tersebut.

Gangguan besar dan penundaan penerbangan juga diperkirakan terjadi di Bandara Bremen, Dortmund, Hamburg, Hanover, Munich, dan Stuttgart.

Namun, Ver.di mengatakan akan melakukan langkah tertentu untuk memastikan pengiriman bantuan kemanusiaan untuk korban gempa di Turki dan Suriah tidak akan terdampak oleh aksi mereka.

Serikat pekerja tersebut saat ini sedang bernegosiasi dengan pemberi kerja sektor publik di tingkat federal dan lokal. Tahapan negosiasi selanjutnya dijadwalkan berlangsung pada 22-23 Februari.

"Para karyawan bersama-sama menekan atasan masing-masing karena tidak ada hasil yang dicapai dalam negosiasi sebelumnya," kata wakil ketua Ver.di Christine Behle dalam sebuah pernyataan.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Aksi mogok staf bandara Jerman batalkan ratusan penerbangan
Baca juga: Serikat Jerman UFO ancam aksi mogok Lufthansa

 

Penerjemah: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2023